Tingkatkan Kualitas Guru dengan Kuliah Umum

Contohnya, penggunaan media sosial untuk proses pengembangan diri dan profesi. Salah satunya membangun jejaring dengan dunia luar. Sebab, menurut Imam, kemampuan untuk membangun jejaring menjadi kekuatan dalam menghadapi era saat ini. Penggunaan teknologi sebagai tool dalam pembelajaran merupakan bagian yang tak kalah penting dalam memasuki era industri 4.0 tersebut.

Kualitas Guru Menghadapi Era Industri 4.0 dimeriahkan dengan sesi penyerahan hadiah kepada juara Penulis Opini dalam kegiatan Master Peace yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu. Seorang guru dari Sekolah Al-Irsyad, Ridwan, beruntung menjadi juara satu dan berhak mendapatkan piala dan penghargaan berupa uang. Secara seksama semua guru memperhatikan bagaimana ia mampu menjadi juara dengan kemampuan menulisnya yang ternyata ia miliki karena proses berlatih dan terus berlatih.

Dalam kegiatan ini pun, di isi pembacaan ayat suci al-Quran yang dibacakan oleh M. Izharul Haq dan tampilan solo vokal yang dilantunkan oleh Aisyah Amelia R. Penampilan itu disambut dengan tepukan yang gemuruh dari audiens. Mereka adalah peserta didik yang berprestasi dalam bidangnya yaitu Izhar seorang hafidz dan Amel merupakan juara vokal menyanyi solo se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Peace Generation, beberapa waktu lalu.

Perwakilan PDM Kota Bandung, Saud Effendy turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dia mengungkapkan bahwa sangat disayangkan apabila para guru tidak dapat hadir di kegiatan ini.

”Sebab, mereka akan melewatkan beberapa hal positif tentunya mengenai pengembangan diri dalam mendidik di era Industri 4.0. Di tambah kegiatan ini merupakan acara yang terbuka untuk umum dan gratis, jadi guru hanya tinggal duduk dan menyimak dengan seksama,” ungkap Saud.

Tak lupa, Saud juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Prof. Imam yang telah bersedia mengisi kegiatan yang sangat memberikan inspirasi para guru ini. (azu)

Kontributor : Yudhi Kurnia

Tinggalkan Balasan