Bekas Markas KGB Masih Tetap Terasa Angker

Dia lalu menjelaskan bahwa museum itu terbagi dalam tiga tema. Pertama olahraga, kedua gaya hidup sehari-hari, dan ketiga mainan anak-anak. Kami bebas memegang koleksi museum dan berfoto sepuas-puasnya dengan mengenakan pakaian khas Uni Soviet. Dari museum itu, kami bisa menilai gaya hidup orang-orang Soviet masa itu. Apa saja yang mereka tonton, musik apa yang mereka dengarkan, dan baju apa yang mereka kenakan.

Uniknya, dari koleksi yang ada di museum, orang-orang Soviet juga menonton film Rambo dan mendengarkan The Rolling Stones. Memorabilia ketika Uni Soviet menjadi tuan rumah Olimpiade 1980 juga bertebaran dan menjadi andalan museum.

Andropova menjelaskan, museum itu baru dibangun enam bulan lalu. Tetapi, koleksinya dikumpulkan selama lebih dari lima tahun. Ada banyak orang yang terlibat untuk membangun dan melengkapi museum tersebut.

”Kami juga mendapatkan banyak sumbangan barang,” kata Andropova. ”Sering juga kami mendatangi rumah orang-orang tua dan mendapatkan barang-barang kuno untuk koleksi museum,’’ katanya.

”Apakah ini barang tersulit yang kalian dapatkan?” kata saya sambil menunjuk sebuah helm untuk menyelam yang diperkirakan berasal dari akhir 1940-an.

”Bukan!” jawab Andropova. ”Yang tersulit adalah rekaman-rekaman musik. Sebab, sudah jarang orang yang merawat barang-barang tersebut,” imbuhnya.

Setelah berbicara seperti itu, Andropova lalu memutarkan musik lawas era Soviet dan mempersilakan saya untuk mengelilingi museum. Karena bangunannya tidak terlalu besar, dalam tempo 30 menit saya sudah selesai meneliti setiap rak yang berada di sana.

Pengunjung hari itu (6/7) tidak terlalu banyak. Rata-rata berasal dari luar kota atau turis mancanegara. Mereka terlihat menikmati betul museum tersebut. Banyak yang mencoba barang-barang kuno yang masih berfungsi dengan baik. Contohnya, alat senam, timbangan badan, dan mainan-mainan tradisional era Soviet.

”Kami datang dari Serbia dan melihat bagaimana luar biasanya kehidupan Rusia di masa lalu,” kata Anna Mashilovic, pengunjung. ”Memang beberapa barang tidak terlalu berbeda dengan milik kami. Namun, yang mengesankan saya adalah barang-barang yang berkaitan dengan Olimpiade Moskow. Luar biasa!’’ imbuh perempuan berusia 37 tahun tersebut.

Tinggalkan Balasan