oleh

Pelanggaran Pigub Baru Bisa Dikaji

SOREANG – Ditemukannya beberapa pelamnggaran pada Pemilihan Gubernur Jabar, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat rencanannya akan mengkaji beberapa catatan pelanggaran yang ditemukan selama penyelenggaraan Pilgub lalu.

Ketua Bawaslu Jabar Muhammad Wasikin Marzuki mengatakan, salah satu pelanggaran adalah terkait adanya rekomendasi Panwaslu Kabupaten Bandung untuk melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung. Namun, kondisi ini tidak dilakukan oleh KPU Kabupaten Bandung. Sehingga bisa dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP).

Kendati begitu, Bawaslu Jabar sendiri belum bisa memberikan sikap terkait kemungkinan akan dilaporkannya KPU Kabupaten Bandung ke DKPP.

’’ Terkait masalah tidak dilaksanakannya rekomendasi PSU oleh KPU Kabupaten Bandung, sikap Bawaslu setelah mengikuti rekapitulasi perolehan suara di KPU Jawa Barat. Setelah itu baru kita akan bersikap,” ujar Wasikin usai membuka Rapat Kerja Teknis Persiapan Pengawasan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara di Hotel Sutan Raja, Soreang, Kabupaten Bandung belum lama ini.

Wasikin menilai, KPU Kabupaten Bandung bisa saja melakukan pelanggaran etik atau tidak profesionalnya penyelenggara, sehingga untuk catat temuan pelanggaran seharusnya ditindaklanjut.

Selain itu, Bawaslu Jabar juga masih melakukan evaluasi penyelenggaraan Pilgub Jabar serentak di 27 Kabupaten/Kota serta Pilwalkot dan Pilbup di 16 Kabupaten/Kota di Jabar.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga