Tindak Tegas Oknum Perizinan

SOREANG – Adanya bangu­nan yang diduga tidak me­miliki Izin Mendirikan Bangu­nan (IMB) di wilayah jalur wisata Ciwidey membuat Bupati Bandung Dadang M. Naser geram terhadap anak buahnya yang tidak bisa bertindak tegas.

Dia berjanji akan memang­gil jajarannya untuk me­nanyakan hal tersebut. Se­hingga, bila diketahui ada anak buahnya yang mem­bekingi akan diberikan saksi tegas berupa pemeca­tan dan proses pidana ke­pada oknum bawahannya.

”Akan saya telusuri dan akan saya tindak. Siapa yang be­rani memberikan izin dan siapa oknum yang memback­up mereka. Sekarang sedang ditelusuri,” kata Dadang ke­pada Wartawan di Soreang keamarin (29/5).

Dadang memaparkan, dari hasil investigasi awal sebetul­nya banyak dari pemilik bangu­nan di kawasan itu mengaku tidak mengerti mengenai prosedur mengurus izin.

Selain itu, ada juga pengu­saha yang mengaku tertipu dalama mengurus izin. Se­hingga, mendapatkan IMB bodong. Padahal, kawasan tersebut merupakan lahan hijau yang diatasnya tidak boleh mendirikan bangunan.

”Setelah kami evaluasi ter­nyata bangunan eksisting yang sudah mengantongi izin hanya rumah makan sidang reret. Kalau yang lainnya kacau, ilegal semua. Seperti kampung pago kacau gak ada izin,” se­sal Dadang.

Lebih lanjut Dadang men­gatakan, setelah terbitnya perda RTRW yang baru, di­harapkan para pelaku usaha dan pemilik bangunan lain­nya segera mengurus perizi­nan. Sebab, pemerintah dan DPRD menginginkan segala bentuk perizinan harus ter­tata dengan baik.

Dadang tidak setuju jika bangunan ilegal di robohkan. Sebab, bila cara ini dilakukan pemerintah maka akan ber­dampak kerugian bukan saja pada pemiliknya tetapi para pekerja di bangunan komer­sial tersebut.

’’Kalau di hancurkan nanti hilang pendapatan dari pajak bumi bangunannya ini bukan solusi yang baik,”ungkap dia.

ME4nurutnya, berdasarkan aturan Perda Rencana Tata ruan dan Rencana Tata Wi­layah (RTRW), kawasan itu sudah menjadi zona merah dan boleh dibangun untuk pengembangan pariwisata yang berkonsep pelestarian lingkungan.

’’ Kalau dibongkar kasihan mereka sudah investasi dan sayang juga ada potensi PAD di sana. Makanya segera urus izinnya, saya juga akan dorong dinas perizinan untuk meny­elesaikan masalah perizinan di jalur wisata Ciwidey,” tutrnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan