oleh

BI Siapkan Rp 11,91 Triliun

BANDUNG – Menghadapi kebutuhan layanan penukaran uang selama ramadan dan Lebaran 2018. Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jawa Barat telah menyiapkan uang tukaran sebesar Rp 11,92 triliun. Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi, Ismet Inono mengatakan, jumlah tersebut meningkat Rp 440 miliar atau 3,8 persen dibandingkan realisasi pemenuhan kebutuhan tahun sebelumnya yang Rp 11,48 triliun. Menurutnya, peningkatan itu memang ada tetapi tidak terlalu besar.

Baca Juga:  Bukan Alat Pembayaran yang Sah, BI Larang Penggunaan Uang Crypto

”Kita harapkan dari perhitungan itu cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama ramadhan sampai pasca lebaran nanti,” kata Ismet di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Bandung, Senin (21/5).

Ismet mengungkapkan, nominal uang paling banyak porsinya tetap pada pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu. Sehingga, mulai tahun ini pihaknya mencoba mendistribusikan pecahan kecil lebih banyak.

”Kita berharap teman-teman dari perbankan juga bisa mendukung supaya uang pecahan kecil bisa beredar di daerah-daerah lebih banyak,” pinta Ismet.

Baca Juga:  Wow, Rupiah Rencananya Akan Punya Versi Digital, Resmi dari Bank Indonesia

Untuk memberikan pelayanan yang maksimal dalam penukaran uang terhadap masyarakat, BI Jabar telah bekerjasama dengan perbankan (Bank Umum dan BPR) baik di KC (Kantor Cabang) sampai dengan di KCP (Kantor Cabang Pembantu) sebagai implementasi Perjanjian Kerjasama yang telah disepakati bersama pada 31 Maret 2017.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga