Wisata di Situmekar Terkendala Akses

SUMEDANG – Akses jalan, menjadi kendala munculnya wisata di Desa Situmekar Kecamatan Cisitu. Wilayah Desa Situmekar yang merupakan desa penyangga Waduk Jatigede, memiliki tanah kas desa yang punya potensi menjadi destinasi wisata berkelas.

Kepala Desa Situmekar Andi menyebutkan, Blok Cibeet merupakan sebuah aset yang bisa memunculkan wisata dengan kolaborasi alam dan air waduk. Sehingga, bisa menciptakan suasana yang nyaman untuk berekreasi.

”Saya rasa kalau wisata itu muncul bisa berdampak positif buat pertumbuhan ekonomi masyarakat juga,” katanya saat ditemui diruangannya, kemarin (2/4).

Selama ini, blok yang berpotensi mencetak tempat wisata itu masih belum bisa dimunculkan. Lantaran, tersandungnya infrastruktur jalan yang belum maksimal.

Sampai saat ini, hanya baru dibangun jalan sepanjang 400 meter dari program Jalan Usaha Tani (JUT). Untuk selanjutnya, pemerintah desa tengah berupaya untuk pembangunan jalan sampai ke lokasi potensi wisata, kurang lebih butuh sekitar dua kilometer lagi untuk mencapai target.

”Kendalanya tinggal jalan saja. Kalau sudah ada jalan, kita bisa menata tempat itu sampai maksimal,” ucapnya.

Dia menyebutkan, tanah kas desa seluas 24, 6 hektar itu punya aura yang bisa membuat nyaman pengunjung. Bahkan didukung juga kondisi wilayah yang banyak bentuk tanah yang menyerupai bukit kecil.

”Suasananya cukup bisa menjamin untuk mendapatkan kenyamanan,” tuturnya.

Oleh sebab itu, pihak desa gereget ingin segera menyulap tempat tersebut jadi sebuah tempat wisata. Sebab, pihaknya meyakini saat desanya punya tempat wisata maka akan ada perubahan dari segi ekonominya, tinggal masyarakat menyiapkan mental usaha.

”Setidaknya, dengan adanya wisata bisa mengurangi angka pengangguran di desa ini,” tukasnya. (eri)

Tinggalkan Balasan