Canangkan Kelana dan Dekela

SOREANG – Sebagai upaya terwujudnya Kabupaten layak anak, pemerintah Kabupaten Bandung mencanangkan Kecamatan Layak Anak (Kelana) dan desa kelurahan layak anak (Dekela).

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser menekankan, pencanangan dilakukan harus merepresentasikan pemenuhan 10 hak anak di Kabupaten Bandung, salah satunya menekan angka pekerja anak.

“ Ini harus bisa menjabarkan pemenuhan 10 hak anak, seperti hak atas persamaan untuk tumbuh dan berkembang serta berpartisipasi dan lainnya,” jelas Dadang ketika ditemui kemarin (26/2)

Dirinya menilai, dalam hak perlindungan di Kabupaten Bandung jangan ada lagi pekerja anak sebagai tulang punggung keluarga. Sebab, anak harus menjalani kehidupan normal dengan memenuhin segala haknya di antaranya, bermain, belajar dan bergembira.

Selain itu, tujuan perlindungan anak sendiri, yakni untuk menjamin terpenuhinya hak anak agar dapat hidup tumbuh dan berkembang, serta berpartisipasi secara optimal dalam pembangunan.

Melihat perubahan Global, tata nilai agama, sosial dan budaya lokal harus diberikan kepada anak. Agar, kelangsungan kehidupan anak pada nantinya akan tertata.

Dadang memaparkan, Kabupaten Bandung sudah memiliki FAD Forum Anak Daerah (FAD) di 31 Kecamatan dan 3 FAD di tingkat desa. Mereka sudah terlibat dalam perencanaan musrenbang pembangunan.

’’Infrastruktur ruang publik yang ramah anak juga sudah ada seperti Taman Uncal, Taman Anak Sabilulungan, Taman Pacan tells, Perpustakaan dan Sains Center,” ungkapnya.

Selain itu, jumlah sekolah ramah anak di kabupaten Bandung yakni ada 217 SD, 72 SMP, 1 SMA, 1 MI atau MTS dan di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sekitar 1800. Angka tersebut menandakan Kabupaten Bandung sudah mengimplementasikan hak anak untuk pendidikan.

“Kita lakukan hal ini demi mempercepat terbangunya Kelana dan Dekela untuk KLA. Maka saya imbau semua kalangan perangkat daerah, berbagai element dan masyarakat untuk saling mendukung, mendorong dan memotivasi, serta memperkuat komitmen bersama untuk mewujudkan kab. Bandung layak anak,” imbau Dadang (rus/yan)

Tinggalkan Balasan