Bidik 300 Jam Terbang, Pilot Perempuan Uji Coba N219

BANDUNG – Pilot perempuan Esther Gayatri berhasil melakukan ujicoba terbang pesawat N219 terbang 60 menit mengelilingi langit kota Bandung, kemarin (2/2).

Menurut Tenaga Ahli PT Dirgantara Indonesia (DI), Andi Alihsjahbana, pilot tak menerbangkan lama karena pengujian terfokus pada flip condition sekitar 10 derajat untuk melihat respons elevator.

”Di bagian belakang pesawat itu, ada semacam buntut. Dan buntutnya itu vertikal serta horizontal. Jadi kita tes, ada bulu-bulunya di bagian buntut pesawat dan itu untuk melihat aliran udaranya sesuai rencana atau tidak, kalau tidak sesuai maka nanti kita perbaiki,” kata Andi di Gedung Pusat Manajemen PT DI Jalan Padjadjaran Kota Bandung, kemarin.

Dia juga menyebutkan penerbangan pesawat dengan tagline Produk Anak Bangsa Hadir untuk Negeri itu terbang dimulai pada pukul 09.00 dan kembali mendarat di Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung, tepat pukul 10.00.

Kegiatan itu dikatakan Andi, merupakan bagian dari ujicoba terbang untuk mendapatkan sertifikasi dari dari Direktorat Kelaikan Udara Dan Pengoperasian Pesawat Udara Kementerian Perhubungan RI. Dari 300 jam yang ditargetkan, Pesawat N219 baru mengantongi 17 jam terbang. “Ini uji coba terbang yang ke-15 untuk mendapatkan sertifikasi uji laik terbang,” sambung Andi

Sertifikat laik terbang menjadi hal yang sangat penting sebelum pesawat itu laik digunakan untuk umum. ”Ini dalam rangka untuk mendapatkan sertifikasi. Intinya kalau pesawat itu akan digunakan masyarakat maka harus dijamin aspek keamanan atau keselamatannya.” sebutnya. (ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan