Volume Sampah Naik 350 Persen

BANDUNG – Direktur Utama (Dirut) PD Kebersihan, Deni Nurdyana mengatakan meng­klaim volume sampah malam Tahun Baru 2018, mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Dia menyebutkan volume penurunannya sekitar 100 ton untuk di Kota Bandung.

”Pada Tahun 2016 sampah mencapai 1.900 dan sekarang 1.800 ton. Tapi dibanding hari biasa meningkat 200 ton, dari yang biasanya 1.600 ton perhari,” ungkap Deni saat dikonfirmasi Jabar Ekspres via telepon, kemarin, (1/1).

Sampah paling banyak ter­jadi di kawasan Alun alun Bandung dan Asia Afrika.

Sementara dua titik kera­maian massa yang disediakan pemerintah Kota Bandung. Seperti di Alun alun Cicendo dan Ujung berung dalam kon­disi normal. ”Kalau dihari-hari biasa di wilayah Alun-alun memproduksi 3 hingga 5 ton, dan pada malam tahun baru tadi (kemarin, Red) mencapai 20 ton, kenaikan nya bisa men­capai 350 persen,” jelasnya.

Sementara untuk penanga­nan sampah, pihaknya menge­rahkan personel sebanyak 1200 orang untuk wilayah Bandung Raya. Dan khusus untuk Asia Afrika diturunkan sebanyak 50 personel, ter­diri dari penyapu, crew, pengawas dan supir. Sedang­kan kendaraan yang diper­siapkan yakni 125 unit, an­tara lain truk sampah, mobil kecil dan motor ditambah tiga mobil sweaper.

”Produksi sampah terbesar ada di lokasi Alun Alun Bandung, Asia Afrika, Braga, Cikapundung. Banyaknya pengunjung terutama di Alun-alun Bandung sehingga peng­erjaan sampah sampai pukul 06.00 masih terus dilaksana­kan,” katanya.

Pihaknya sendiri sudah mengantisipasi ketika di la­pangan terjadi penumpukan sampah. Lebih jauh kendala yang dirasakan pihaknya, ya­kni banyaknya warga yang tidur di taman, sehingga meng­ganggu proses pembersihan sampah oleh petugas.

”Saya turun sendiri dan me­mimpin pembersihan sampah sekitar pukul 04.00 dini hari, tapi masih banyak yang tidur di taman. Jadi kami bangun­kan agar sampah bisa segera dibersihkan, tapi tentu jadi kendala karena memakan waktu,” ujarnya.

Pada malam tahun baru, dia merasa sedikit kecewa dengan perilaku masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan. Padahal tem­pat sampah sudah disiapkan, tapi masih banyak sampah berserakan di Taman Alun-alun Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan