Duh! ASN di Cimahi Belum Semua Bayar Zakat

CIMAHI – Sejumlah Aparatur Sipil Negera (ASN) di ingkungan Pemerintah Kota Cimahi, belum sepenuhnya membayar zakat profesi. Hal ini, terungkap ketika Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Kota Cimahi, Mardi Santoso menjelaskan masalah penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Menurutnya, dalam membayar zakat sebetulnya Aparatur Sipil Negara (ASN) memang belum optimal. Namun, pihaknya akan terus mendorong agar seluruh ASN memiliki andil untuk ikut membantu pengentasan PMKS. ”Kalau dibilang semua ASN sudah menyalurkan pendapatannya ke Baznas, belum semua. Itu seperti yang disampaikan oleh Baznas,” jelas Mardi ketika ditemui, Rabu (20/12/2017).

Pihaknya sudah memberikan imbauan ke seluruh ASN agar menyalurkan sebagian kecil pendapatannya untuk bayar zakat profesi. Namun, instrusksi tersebut tidak dibarengi dengan penetapan target kapan semua terpenuhi. ”Kita sambil berjalan saja. Karena 20 persen ZIS juga berasal dari masyarakat,” ujar dia.

Mardi menyebutkan, hingga saat ini ZIS yang terkumpul di Baznas baru sekitar 60 persen sampai 70 persen saja yang berasal dari zakat profesi ASN di lingkungan Pemkot Cimahi. Untuk mekanismenya, lanjut dia zakat profesi ASN dikumpulkan dan dikelola oleh masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), setelah itu  diberikan ke Baznas untuk disalurkan,” pungkasnya. (ziz/yan)

Tinggalkan Balasan