Disambut Bak Lamaran Pasangan Kekasih

Asep dan Cecep merupakan pegawai KPU Jabar yang saat itu menjadi petugas simulasi. Asep Kusnaedi merupakan pegawai Media Center KPU Jabar. Dan Cecep Nurzaman adalah Kasubag Teknis KPU Jabar. Dalam simulasi, akting keduanya lancar dan mudah dipahami. Sesekali drama disisipi guyonan. Penonton yang hadir pun dibuat tertawa lepas.

Drama kedua. Asep balik lagi ke mobil. Kali ini datang bersama wakilnya, Mujibul Haq, menghadap Cecep. Mujib juga seorang pegawai KPU yang ditugaskan mendampingi Asep. Tugasnya hanya mendampingi. Tak sepatah kata pun keluar dari bibirnya.

Sedangkan Cecep masih menunggu di teras kantor.

”Sudah ada wakilnya, Pak?” tanya Cecep. ”Wakilnya ngumpet di mobil, Pak,” teriak salah satu penonton. Semua tertawa.

Sebab, memang Mujib sejak dari awal ada di belakang Asep.

Sebelum masuk ke ruangan, Asep dan Mujib ditanya kembali. ”Sekarang berkasnya sudah dibawa, Pak?” tanya Cecep kepada Asep.

”Sudah, Pak. Ini,” tutur Asep. ”Sudah ada berapa berkas dukungan, Pak?” tanya Cecep lagi. ”Berkas dukungan baru ada 1,7 juta, Pak,” jawab Asep.

Lagi-lagi Asep disuruh pulang oleh Cecep. Penonton mengamini. ”Pulang lagi, pulang lagi,” teriak penonton. Riuh tawa pun terdengar.

Cecep menjelaskan, setiap pasangan calon perseorangan harus memberikan berkas dukungan sebanyak 2.132.470 KTP yang tersebar di lebih 14 kabupaten/kota.

”Kalau belum lengkap, ya harus dilengkapi. Kita tidak akan menerima jika belum sebanyak 2,1 juta berkas dukungan,” tegas Cecep.

Asep sepertinya lelah. Dia membantah. Sekaligus memohon waktu agar bisa melengkapi kekurangannya. Hanya Cecep keukeuh. Dalam aturan disebutkan, KPU Jabar hanya menerima berkas pada Minggu (26/11) pukul 16.00. Lebih dari itu tidak bisa. ”Masa tidak ada toleransi waktu tambahan, Pak,” ujar Asep memohon. Namun, KPU tetap pada aturannya.

Drama ketiga. Kali ini Asep dan Mujib kembali menghadap Cecep dengan percaya diri. Mereka mengklaim berkas dukungan melebihi jumlah yang ditentukan. Yakni sebanyak 2,5 juta. Berkas diterima Cecep. Membaca dan memeriksa kelengkapannya. ”Berkas ini lengkap. Data soft copy berkas dukungan sudah disimpan di file flashdisc?” ujar Cecep. “Ada, Pak. Ini,” ucap Asep sambil menyerahkan flashdisc ke Cecep.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan