Usung Menteri Susi-Ono Surono

jabarekspres.com, CIREBON – Masyarakat pesisir Jawa Barat berharap, calon gubernur dan wakil yang maju dalam kontestasi Pilgub Jabar terwakili oleh sosok yang paham dengan kekayaan maritim. Sebab, pengelolaan kekayaan maritim, kelautan dan perikanan akan menjadi bagian penting dari pembangunan Jawa Barat ke depan.

Ketua Puskud Mina Jawa Barat Nurodi SE mengatakan, Jawa Barat salah satu provinsi di Indonesia yang dianugerahi oleh kekayaan alam melimpah. Maka sepatutnya disyukur oleh segenap warga Jawa Barat. ”Begitu pun pemimpinnya. Sebab, kekayaan tersebut harus bisa diolah dengan benar,” kata Nurodi di Cirebon, kemarin (9/11).

Berkaitan dengan kontestasi politik di Pilgub Jabar 2018, banyak pihak atau orang yang kemudian berlomba-lomba menawarkan diri untuk menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat. Namun demikian hingga saat ini nyaris belum terdengar para kandidat gubernur dan wakil yang berbicara mengenai bagaimana mengelola kekayaan maritim, kelautan dan perikanan.

”Memang harus diakui tidak banyak tokoh Jawa Barat yang concern untuk membangun bidang maritim, kelautan dan perikanan dalam perjalanan karir dan hidupnya,” kata dia.

Menurut pria yang juga menjabat Sekretaris DPD HNSI Jawa Barat itu, potensi sumber daya alam dan manusia bidang maritim, kelautan dan perikanan Jawa Barat begitu mumpuni. Nelayan Jawa Barat misalnya, akan mampu menguasai laut Indonesia jika diarahkan dan dikelola dengan baik oleh pemerintah Jawa Barat.

”Mimpi Jawa Barat menjadi sentra Industri Perikanan Indonesia juga bukan mustahil apabila nelayan-nelayan Jawa Barat telah menguasai wilayah-wilayah penangkapan di Indonesia untuk kemudian ditujukan untuk membangun kesejahteraan masyarakat  pesisir Jawa Barat. Oleh karenanya masyarakat pesisir Jawa Barat membutuhkan pemimpin (gubernur atau wakil gubernur) yang berwawasan maritim, kelautan dan perikanan,” paparnya.

Berdasarkan hal tersebut di atas, masyarakat pesisir Jawa Barat yang mewakili keluarga besar nelayan Jawa Barat, gerakan koperasi perikanan, pembudidaya ikan dan komunitas pesisr lainnya di Jawa Barat, mendesak kepada partai politik yang belum menentukan calon gubernur dan wakil gubernur agar menghadirkan pemimpin mereka harapkan.

”Dan berdasarkan rekam jejak karir dan kehidupanya, tokoh Jawa Barat yang memiliki wawasan maritim, kelautan dan perikanan  dan sangat layak untuk menjadi gubernur/wakil Gubernur Jawa Barat adalah Susi Pujiastuti,” tegasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan