Ary Buktikan Keterbatasan Fisik Bukan Hambatan

Keterbatasan fisik bukan hambatan bagi siapapun. Asalkan mempunyai kemauan dan tekad yang kuat, semua pasti bisa dilakukan tanpa harus bergantung pada orang lain. Dan Ary Nurul Fazri, 17, membuktikan hal itu saat ikut dalam Pasanggiri Degung di Gedung Rumentangsiang, baru-baru ini.

Iman Mulyono, Kota Bandung

Ary Nurul Fazri
TETAP PEDE: Ary Nurul Fazri ditemani ibunya.

Meski sejak lahir tak mampu melihat, Ary Nurul Fazri tetap enggan diistimewakan. Dia yakin, indra pendengarannya bisa diandalkan. Dia pun yakin, bisa mengendalikan keadaan kendati menjadi satu-satunya pelajar tuna netra yang bersaing dalam Pasanggiri Seni Degung Piala R.A.A Wiranata Kusumah yang diselenggarakan Balai Taman Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat bersama Institut Seni dan Budaya (ISBI) Bandung, 4-5 November 2017.

Ary mengenakan pangsi hijau, tampak serasi bersama siswa lain dari Sekolah Menengah Kejuruan Bumi Nurani Ciamis (SMK BeNC). Saat itu, bersama grup degung sekolahnya, dia mendapatkan urutan pentas nomor 13.

”Hanya tekun belajar dan berlatih saja,” kata Ary kepada Jabar Ekspres saat ditanya resep dia untuk mengikuti Pasanggiri Degung saat itu.

Meski rendah hati, jangan tanya soal kemampuan dia dalam menguasai alat musik kasundaan. Kendati hanya mengandalkan pendengaran, dia bisa menguasai tiga alat musik tradisional yakni kendang, kecapi dan saron.

Dengan kemampuannya itu, Ary Cs lantas bersaing dengan 27 grup degung tingkat Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/K) dari 27 kabupaten‎/kota se-Jawa Barat. ”Belajar degung selama satu tahun. Awalnya dari latihan dengan pendengaran. Sekarang bisa tiga alat musik (kendang, kecapi, saron)‎,” ujar Ary.

Kejuaraan itu sendiri, sebenarnya bukan kali pertama bagi Ary unjuk bakatnya dalam bermain musik. Sebelumnya saat bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB) di kawasan Ciamis, anak bungsu dari tiga bersaudara tersebut  juga pernah mengikuti perlombaan lain baik di tingkat daerah maupun nasional. Tentunya dengan berbagai prestasi yang dia raih.

‎”Waktu di SLB mah juara lomba nyanyi tingkat Jawa Barat juara ketiga, juara nasional alat musik juara ketiga‎ juga,” ucap Nani Suryani, 51, ibunda Ary saat mendampingi Ary sebelum perlombaan dimulai.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan