Budiyanto Raih Anugerah Tokoh Nasional

SEKILAS PANDANG BUDIYANTO

Curahkan Waktu dan Pikiran untuk Bantu Sesama

“Sesungguhnya kewajiban kita jauh lebih banyak dari waktu yang tersedia”. Itulah salah satu kalimat yang dilontarkan ulama besar Mesir Syeikh Syahid Hasan Al Banna yang selalu menjadi inspirasi setiap langkah yang dilakukan Budiyanto.

Sejak sekolah di SD, SMP, SMA dan sampai perguruan tinggi, Budiyanto selalu berusaha produktif, khususnya dalam memanfaatkan waktu luangnya. Pada hari libur kadang kala tidak ada bedanya dengan harihari aktif biasa lainnya. Selalu ada aktivitas yang dilakukannya dalam rangka melakukan kegiatan politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Saat menjadi Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan di Institut Pertanian Bogor (IPB), Budiyanto membangun jaringan hingga ke level nasional.

Dengan berbekal modal keaktifisannya dan jaringan institusi IPB yang telah memiliki nama besar dalam tataran dunia kampus dan birokrasi di institusi pemerintahan Republik Indonesia, Budiyanto terus berkarya dan mengembangkan sayap organisasi melalui jaringan alumni IPB.

Awal tahun 2004, nalurinya terpanggil untuk pulang kampung ke Cikarang dan meninggalkan sementara semua potensi yang sangat besar di Jakarta dengan membawa filosofi “lebih baik menjadi kepala ayam, daripada menjadi ekor buaya”

Dimulai melakukan kegiatan usaha di bidang komputer dengan TOGA CIPUTRA yang bekerjasama dengan SMAN 1 Cikarang Pusat, usaha Budiyanto terus berjalan di selasela kegiatan lainnya sebagai aktivis pergerakan anti korupsi di Kabupaten Bekasi melalui LSM KOMPI 23 dengan rekan sejawatnya Gunawan, Direktur LSM Sniper sekarang dan Zuli Zulkipli Ketua Forum BPD Kabupaten Bekasi.

Tepatnya di Pemilu Legislatif 2009, Budiyanto dicalonkan sebagai Anggota DPRD Kabupaten Bekasi dengan nomor urut 8 dari Partai Keadilan Sejahtera, Dapil 1 yang meliputi Cikarang Pusat, Cikarang Selatan, Serangbaru, Bojongmangu, Cibarusah dan Setu. Dan berhasil meraih suara terbanyak dengan perolehan suara 5.686 yang menghantarkannya menjadi salah satu anggota DPRD Kabupaten Bekasi yang kritis.

Selain menjadi Anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Budiyanto juga selalu aktif dalam kegiatan kegiatan sosial seperti memfasilitasi seratusan pembangunan masjid di Bekasi, Karawang, Subang, Purwakarta, Bogor dan Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan