Siap Galang Dukungan dari Pantura

jabarekspres.com, BANDUNG – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam waktu dekat ini akan melakukan deklarasi dukungan kepada calon gubernur Jawa Barat 2018, Ridwan Kamil. Dukungan resmi tinggal menunggu keputusan DPP PKB.

Untuk diketahui, dengan merapatnya PKB, yang memiliki 7 kursi di DPRD Jabar, dukungan untuk Ridwan Kamil kini menjadi 12 kursi. Sebelumnya, Partai NasDem yang memiliki 5 kursi telah lebih dulu mendeklarasikan dukungan. Dengan demikian, Ridwan Kamil masih membutuhkan dukungan sebanyak 8 kursi lagi untuk memenuhi syarat dukungan 20 persen kursi DPRD.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Provinsi Jawa Barat Syaiful Huda memastikan, deklarasi akan dilakukan di salah satu pesantren di kawasan utara Jawa Barat.

”Kami masih menunggu kesiapan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar untuk pelaksanaan deklarasi tersebut. Yang pasti dilakukan dalam waktu dekat ini,”jelas Huda, kemarin (3/9)

Dia mengatakan, sengaja memilih pesantren sebagai lokasi deklarasi. Sebab, latar belakang partainya yang identik dengan kalangan ulama dan santri.

Syaiful menilai, sebagai partai yang lahir dari rahim Nahdlatul Ulama (NU), sudah dipastikan pesantren menjadi basis bagi partai tersebut. Sehingga, dia yakin dengan dukungan ini Ridawan Kamil akan didukung oleh kalangaan pesantren yang ada di wilayah Pantura seperti Cirebon, Indramayu, Subang, Karawang dan daerah lainnya.

”Basis kita di wilayah tersebut dan PKB siap memenangkan Ridwan Kamil di empat wilayah itu,” ucap Huda.

Dengan begitu, basis massa yang dimiliki PKB akan diinstruksikan selalu bergerak untuk terus menyosialisasikan sosok Ridwan Kamil di wilayah Pantura. Sehingga, mampu meningkatkan popularitas dan elektabilitas Emil itu di kawasan utara Jawa Barat tersebut.

Seperti diketahui, Emil mengakui dirinya masih belum populer di wilayah tersebut. ”Semoga dengan deklarasi di pantura, kita bisa semakin mengenalkan Kang Emil, kita gerakkan kader-kader kita,” ujarnya.

Sementara itu, disinggung apakah ada usulan calon wakil gubernur pendamping Emil, Huda mengaku pihaknya belum membahas hal tersebut. Saat ini, kata dia, PKB dan Partai Nasional Demokrat masih membahas mitra koalisi agar syarat pengusungan Emil di Pilgub Jawa Barat 2018 terpenuhi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan