oleh

Sebanyak 29 Partai Politik Sudah Minati Pemilu 2019

jabarekspres.com, JAKARTA – Langkah awal bagi partai politik (parpol) untuk ikut serta dalam Pe­milu 2019 dimulai pekan depan. Tangga pertama yang harus dilalui ialah memenuhi syarat administrasi dengan mengunggah kepengurusan dan keanggotaan mereka ke laman Sistem Informasi Par­tai Politik (Sipol).

Komisioner KPU Hasyim Asyari menyatakan, pengi­sian Sipol merupakan kewa­jiban karena menjadi salah satu syarat pendaftaran pe­serta pemilu. Ketentuan tersebut juga berlaku bagi parpol lama yang sudah per­nah menjalani verifikasi pada Pemilu 2014.

Meski tidak terkena verifikasi faktual, secara administrasi parpol lama harus memenuhi persyaratan peserta pemilu. Mulai syarat kepengurusan di pusat dan daerah, jumlah keang­gotaan, hingga 30 persen keter­wakilan perempuan.

”Itu sebagai bentuk konfir­masi apakah anggota partai tersebut sudah memenuhi syarat menjadi pemilih,” ujar­nya setelah melakukan sosia­lisasi verifikasi parpol di kantor KPU, Jakarta, baru-baru ini.

Ketentuan itu juga dimaksud­kan untuk memenuhi per­syaratan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang mensyaratkan parpol mela­kukan pendaftaran. ”Undang-undang mengatakan, parpol yang ingin ikut pemilu mendaf­tar ke KPU. Jadi, KPU hanya memfasilitasi,” imbuhnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.