PKB Resmi Usung Ridwan Kamil

jabarekspres.com, BANDUNG – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mengusung Ridwan Kamil untuk maju dalam pemilihan Gubernur Jabar 2018 – 2023. Keputusan tersebut diperkuat dengan menyerahkan Surat Keputusan (SK) tentang mengusung Ridwan Kamil dalam pilgub.

Dengan dukungan PKB yang memiliki 7 kursi di DPRD Jabar, maka dukungan untuk Ridwan Kamil kini menjadi 12 kursi. Sebelumnya,  Partai Nasdem yang memiliki 5 kursi tengah menyatakan dukungannya kepada Emil. Dengan demikian,   Ridwan Kamil masih membutuhkan dukungan sebanyak 8 kursi lagi, karena Undang-undang mensyaratkan cagub didukung  minimal 20 persen kursi di DPRD.

”Kita sudah beberapa kali ketemu Kang Emil (sapaan Ridwan Kamil, Red) untuk membicarakan pencalonan. Dan hari ini (kemarin, Red) keputusannya dengan mengeluarkan SK dukungan,” papar Ketua DPW PKB Khoirul Huda kepada wartawan di Jalan Ternate, Kota Bandung, kemarin (11/9).

Dia mengatakan, keputusan tersebut diambil karena melihat sosok Ridwan kamil sebagai tokoh muda potensial. Bagi dia, tokoh mudah yang mempunyai potensi maka akan menentukan Jawa Barat ke depan.

Menurut Khoirul, masih perlu langkah-langkah untuk memuluskan Emil menuju kursi nomor satu di Jabar. Selain koalisi, pasangan pendamping pun masih belum final.

Ketika disinggung masalah poros koalisi yang dibentuk PPP,  PAN dan Demokrat, dia mengatakan, poros tersebut juga belum final. ”Pintunya belum tertutup. Akan coba dikomunikasikan dengan poros tersebut agar bisa tergabung,” ungkapnya.

Menyangkut pendamping Emil, dia menyerahkan sepenuhnya kepada koalisi yang akan terjalin nanti. Yang pasti, pasangan Emil sudah pasti berkempeten. ”Kta ingin pasangan yang akan mendampingi Ridwan Kamil cocok dengan beliau (visi dan misi). Kita sudah komitmen untuk mengusung dia (Emil) jadi gubernur bukan wakil,” tegasnya.

Bendahara  PKB Dawam Anwar menyatakan,  PKB memutuskan mendukung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jabar karena partai ini menilai Ridwan Kamil sebagai  seorang pemimpin yang dapat membawa perubahan di Jawa Barat. ”Dia orang yang mengerti tata kota, dan PKB punya cita-cita untuk fokus menata warga kita yang ada di pedesaan,” kata dia.

Menurut dia, terkait jumlah kursi yang masih kurang, maka PKB juga insten melakukan komunikasi politik  dengan partai lain, terutama PPP dan  Hanura. ”Semua partai lain masih terbuka untuk diajak berkomunikasi,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan