PKB Resmi Usung Ridwan Kamil

Sementara itu, Ridwan Kamil mengaku bahagia dengan terbitnya surat resmi mengusung dirinya untuk ikut perhelatan di pilgub Jabar. ”Sangat bahagia dan terharu,” ucapnya.

Emil mengungkapkan, dari awal sudah impresif berkomunikasi dengan PKB. Sebab, dia menilai, PKB cocok dengan dirinya.

”Pancasila,  agama yang taat. Nanti kebijakan-kebijakan saya akan sangat sejalan dengan PKB,” tegas dia.

Di sisi lain, saat ini koalisi yang sudah terjalin belum genap mencapai dua puluh kursi sebagai syarat wajib untuk mengusung calon untuk maju di Pilgub. Bagi dia, hal itu menjadi langkah yang harus segera diselesaikan.

”Saat ini langkah kerja politik akan dikerjakan. Sebab, penambahan dari koalisi belum genap 20 kursi,” ucapnya.

Setelah genap 20 kursi, lanjutnya, langkah selanjutnya adalah menyatukan elemen-elemen dengan relawan pendukungnya. Termasuk mencari pasangan yang memiliki elektabilitas dan kapabilitas yang sama baiknya.

”Saya sendiri menyerahkan muswarah kepada koalisi. Tapi acuannya hasil survei. Sebab, hasil survei itu merupakan data dan peluang itu yang sama-sama rata,” urainya.

Dia berpandangan, tinggi dan rendah hasil survei akan menentukan kemenangan. Sebab, elektabilitas tidak hanya bicara cocok atau tidak cocok. ”Saat ini bicara kita realistis. Dengan siapapun sangat optimis, asal punya dua kriteria tersebut,” lanjut dia.

Saat ini, Emil optimistis bisa menjadi orang nomor satu di Jawa Barat. Sebab, daya tawar dirinya cukup besar karena memiliki elektabilitas dan kapabilitas yang tinggi. ”Saya itu orang kerja. Dan itu akan berkurang jika saya tidak jadi nomor orang satu,” pungkasnya. (pan/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan