TK Bunda Asuh Nanda Tampilkan Hasil Belajar Seni

jabarekspres.com, BANDUNG – Ratusan siswa siswi TK Bunda Asuh Nanda Kecamatan Ujung Berung tampil memukau dalam acara pembukaan Baby and Kids Expo 2017 di Graha Manggala Siliwangi, Kamis (7/9). Sekolah ini merupakan PAUD percontohan Holistik Integratif Berdimensi Sosial Budaya dan Ekonomi (HISBE) Kota Bandung.

Para siswa secara bergiliran tampil di panggung. Ada yang ikut fashion show, tari Polisi Lingkungan dan Warga (Polingga), menari ampar-ampar pisang, Mbok Jamu, Gending Parahyangan, Gundul-Gundul Pacul, dan diakhiri unjuk kabisa berbahasa Inggris.

Kepala Sekolah TK Bunda Asuh Nanda Tati Juati mengatakan, pihaknya setiap tahun diundang untuk mengisi kegiatan pembukaan expo tersebut. Dalam event itu pihaknya memperkenalkan hasil pembelajaran yang sudah diajarkan di sekolah, mengusung konsep HISBE. “Seperti budaya tari-tarian dan pakaian Sunda,” kata Tati kepada Jabar Ekspres.

Pembelajaran seni Sunda sudah rutin dilaksanakan di sekolah setiap harinya. Setiap tingkatan anak, tergantung usianya, berbeda-beda belajar keseniannya. Pada puncaknya, setiap Mei, bulan pendidikan nasional, semua siswa tampil serentak. “Sehingga jika ada undangan mendadak sekali pun, kita sudah siap tampil. Karena sudah terbiasa,” ujarnya.

Selain seni dan budaya, TK Bunda Asuh Nanda sudah memiliki program selama setahun ke depan. Pertama, pendidikan kesehatan. Program ini berupa sentra bermain peran. Sentra tersebut berupa poliklinik sehat. Di mana di sentra ini, siswa dibiasakan berperilaku hidup sehat.

“Cara menggosok gigi, dan cuci tangan. Bermain peran berangkat dan pulang sekolah, pakai baju sendiri, lepas baju sendiri, tidur siang, dan makan siang,” katanya.

Agar tidak satu arah, pihaknya juga mengedukasi orang tua siswa agar menerapkan hal serupa ketika anaknya berada di rumah. Saat anak ada di lingkungan rumah, orang tua wajib membiasakan anak berperilaku mandiri seperti yang sudah diajarkan di sekolah. “Orang tua wajib mendukung program ini,” tegasnya.

Kedua, pihaknya membuka sentra papasakan atau kelas memasak. Yakni memperkenalkan masakan khas Sunda seperti combro, surabi, katimus. Makanan ini dibuat di sekolah. Bahan-bahan makanan disediakan oleh siswa. Masing-masing kebagian menyediakan bahan hanya sedikit. Dikumpulkan jadi banyak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan