oleh

Klaim Pengerjaan Irigasi Capai 90 %

jabarekspres.com, NGAMPRAH– Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung Barat mengklaim pengerjaan fisik irigasi sampai September 2017 sudah mencapai 90 %. Tahun ini, ada 62 titik irigasi yang akan diperbaiki terdiri 9 titik melalui lelang dan sisanya penunjukkan langsung (PL). Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pengairan pada Dinas PUPR KBB, Tanwar Syarifudin kepada wartawan di Ngamprah, kemarin. “Tahun ini akan kita perbaiki puluhan titik irigasi yang bersumber dari APBN/APBD,” katanya.

Tanwar menyebutkan, anggaran tahun ini untuk perbaikan irigasi mencapai Rp 13,5 miliar. Terdiri dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 5,6 miliar dan sisanya dari APBD. Anggaran tersebut ditargetkan dapat terserap maksimal menjelang akhir tahun. “Pengerjaan di lapangan memang sudah berlangsung, tapi kalau penyerapan anggarannya belum sampai 90 %. Karena pengerjaan di lapangan harus selesai dulu baru dibayar,” ujarnya.

Menurut dia, tujuan dari perbaikin irigasi ini untuk mendukung industri pertanian di Kabupaten Bandung Barat yang sangat potensial. Dia mencontohkan, untuk irigasi Cidadap mampu mengairi lahan sawah hingga ratusan hektare. “Irigasi Cidadap mampu mengairi lahan sawah hingga 3000 liter/detik,” terangnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.