Turbin Macet, PDAM Terganggu

jabarekspres.com, SOREANG – Lima kecematan di Kabupaten Bandung saat ini akan mengalami kesulitan ait bersih yang biasa dipasok PDAM Tirta Raharja.

Kepala Bagian Humas dan Hukum PDAM Tirta Raharja, Dadang Supriadi mengatakan, terganggunya suplai air ini dikarenakan sumber air dari PLTA Cikalong mengalami penurunan.

Menurutnya, perusahaan pembangkit listrik tersebur, tengah melakukan pemeliharaan dengan menampung air di tandon untuk memenuhi debit air sebagai penyuplai mesin turbin di PLTA tersebut.

“Memang PDAM Tirta Raharja memanfaatkan limpahan air dari PLTA Cikalong. Air dari limpahan PLTA Cikalong ini, sekarang untuk sementara ada gangguan,”jelas Dadang ketika ditemui kemarin (13/8)

Dirinya menuturkan gangguan tersebut akan terjadi di lima kecamatan diantaranya Soreang, Banjaran, Cangkuang, Pameungpeuk dan Katapang. Dengan begitu perkiraan pelanggan sebanyak 22 ribu.

Dadang memastikan, pengisian air yang dilakukan PLTA ini akan berlangsung paling lama 7 hari. Selanjutnya, air tersebut akan dibuang kembali. Sehingga, akan dimanfaatkan sebagai bahan baku air bersih PDAM.

Selain itu, penyusutan debit air yang disebabkan datangnya musim kemaarau kemungkinan akan berdampak pada suplai air besih diberbagai wilayah PDAM Tirta Raharja. Bahkan, sumber di Situ Cileunca Pangalengan pun debit airnya telah menyusut

Untuk itu, lanjuta Dadang untuk pelayanan air bersih di Kecamatan Banjaran dan Pameungpeuk, sementara dialirkan dari tempat pengolahan air bersih di Cikoneng Ciparay. Sehingga, pelayanan di dua kecamatan ini masih berjalan normal.Sedangkan untuk pelayanan di Kecamatan Soreang, Cangkuang dan Katapang sampai dengan hari ini belum normal kembali.

“Jadi kepada para pelanggan di tiga kecamatan ini kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan tetap bersabar,”ujarnya.

Dadang menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan air bersih di masyarakat, untuk sementara pihaknya memberikan pelayanan droping air bersih dengan mobil tangki.

“Jadi untuk masalah ini Kepala Cabang Soreang telah melakukan koordinasi dengan pihak PLTA Cikalong. semoga saja tidak berkepanjangan,”pungkas dia (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan