Seluruh Umat Beragama Jaga Kesucian Ramadan

jabarekspres.com, JAKARTA – Sebagaimana diprediksi sebelumnya, awal puasa tahun ini tidak ada perbedaan. Sebab posisi hilal atau bulan muda kemarin sore (26/5) berada di kisaran 8 derajat di atas ufuk. Sehingga kelompok yang menggunakan hisab maupun rukyat sama-sama mengawali puasa hari ini (27/5).

bola api
SAMBUT RAMADAN: Sejumlah warga bermain bola api di Komplek Bumi Harapan, Desa Cibiru Hilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Kamis (25/5) malam.

Kepastian 1 Ramadan 1438 H/2017 M disampaikan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin setelah memimpin sidang isbat yang berlangsung tertutup di kantor Kemenag tadi malam. Dia menjelaskan dalam sidang, ada empat titik pemantauan Kemenag yang melaporkan melihat hilal. Keempat titik itu ada di Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, dan Kepulauan Seribu.

’’Di bawah sumpah, mereka menyatakan melihat hilal,’’ jelasnya.

Lukman mengakui sidang isbat berjalan cukup cepat. Tidak sampai setengah jam. Di dalam persidangan seluruh ormas Islam bersepakat awal puasa jatuh 27 Mei. Mewa­kili pemerintah, Lukman me­nyampaikan selamat menu­naikan ibadah puasa kepada seluruh umat Islam di penjuru Indonesia.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu memin­ta seluruh umat beragama di Indonesia, diharapkan mam­pu menjaga kesucian bulan Ramadan. Sebab bulan Ra­madan adalah bulan yang sangat dinanti oleh umat Islam. ’’Bulan yang istimewa. Se­moga bisa membawa kita kembali ke fitrah,’’ katanya.

Ketua MUI Abdullah Zaidi menyampaikan rasa syukur ka­rena umat Islam di Indonesia memulai ibadah puasa dengan serempak. ’’Insyallah nanti le­baran juga serempak. Ini karunia yang luar biasa,’’ katanya.

Zaidi berharap, umat Islam bisa memulai menjalankan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya. Dia berpesan bulan Ramadan ini menjadi mo­mentum untuk memperbaiki ukhuwah atau persatuan. Baik itu ukhuwah umat seagama, umat antar agama, maupun hubungan dengan pemerintah.

’’Seluruh masyarakat se­baiknya menjaga ketenangan selama bulan puasa,’’ tuturnya.

Menurut dia ukhuwah per­lu dijaga dan ditingkatkan supaya bisa menjadi manusia yang beriman. Dia berharap, umat Islam bisa menjalani ibadah puasa dengan penuh ketentraman.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan