8000 Kendaraan Langgar Lalin, Sosilisasi Keselamatan Gencar Dilakukan

jabarekspres.com, CIMAHI – Dalam kurun waktu sekitar 5 bulan, seba­nyak hampir 8000 pengemu­di kendaraan terjaring opra­si patuh lodaya yang dilakukan Satuan Lalu-Lintas (Satlantas) Polres Cimahi.

Kepala Satuan Lalu lintas (Kasatlantas) Polres Cimahi, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Suharto, mengungkapkan, untuk analisa dan evaluasi operasi patuh lodaya pada ta­hun 2017 mengalami penu­runan hampir 50 persen dari tahun sebelumnya.

Dari data yang tercatat untuk 2016, penindakan pelanggaran lalu lintas tercatat sekitar 16 ribu sedangkan untuk 2017 hanya 8 ribu pelanggaran. Sehingga pelaksanaan oprasi patuh dapat dikatakan berjalan sukses.

“Kami bersyukur atas penu­runan tersebut, berarti ma­syarakat Cimahi dan KBB sudah cukup pro aktif dan sebagian besar sudah patuh hukum,” ungkapnya, saat di­temui di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Machmud Kota Cimahi, kemarin (26/5).

Dia menjelaskan, untuk pe­langgaran, mayoritas dilaku­kan oleh para pekerja swasta 35 persen pelajar 25 persen. Sedangkan Untuk jenis pe­langgara didominasi pengen­dara yang tidak menggunakan helm yang mencapai hampir 2000 pelanggar dan yang tidak membawa surat-surat kurang lebih 1700 dan untuk pelang­garan berat tidak terlalu ba­nyak hanya 100 pelanggar.

“Seperti kendaraan tidak layak jalan ada 100 pelanggar dan sudah kami amankan kendaraannya, baik motor atau pun mobilnya,” ucap dia

Suharto memaparkan, bagi yang tidak membawa surat-surat, pihaknya melakukan pe­nilangan dan penindakan. Se­dangkan untuk pelanggaran yang berpotensi terjadi lakalantas akan diamankan kendaraannya.

Dirinya menyebutkan, ke­giatan-kegiatan tersebut di imbangi dengan kegiatan prefentif dengan menyam­paikan pesan-pesan keama­nan dan keselamatan serta ketertiban lalu lintas baik itu dikawasan pendidikan atau PO-PO bus dipabrik maupun ditempat keramaian.

Sementara itu untuk persia­pan operasi ramadaniah yang akan dilaksanakan sekitar satu bulan kedepan, pihak polres Cimahi mengaku telah melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait baik dari departemen perhubung­an, dinas PU, PO Bus dan juga tokoh masyarakat.

“Kami ingin agar kita bersama-sama bisa mensukseskan kegia­tan ramadan kedepan,” kata dia.

Dirinya menambahkan, pi­haknya juga melakukan peng­ecekan jalan mulai dari jalur cipatat dan jalur Purwakarta sampai dengan Padalarang serta jalur utama Kota Cimahi dan Lembang, untuk perbai­kan beberapa titik jalan yang berlubang dengan melakukan koordinasi kepada dinas PU Pusat, Provinsi dan Kabupa­ten/Kota dan saat ini sudah mulai dilakukan perbaikan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan