Posyandu Nusa Indah Selalu Siap Melayani Warga

jabarekspres.com, LENGKONG– Posyandu Nusa Indah merupakan salah satu dari sekian banyak posyandu yang ada di kota Bandung. Posyandu ini berada di RW.01 Kelurahan Burangrang Kecamatan Lengkong. Nyaris setiap saat melayani 37 bayi dan balita.

Nining, Ketua PKK RW 01 men­gatakan posyandu itu memiliki 8 orang kader yang di ambil dari perwakilan tiap RT. Mereka mendapatkan pembinaan dari Puskesmas Kecamatan Lengkong dan PKK Kelurahan Burangrang.

“Alhamdulillah kami selalu mendapatkan bimbingan dan arahan langsung dari petugas puskesmas kecamatan dan ke­lurahan. Terutama masalah kesehatan balita dan melaksanakan kegiatan posyandu,” tutur Nining.

Nining mengatakan selain memberikan bimbingan, Puske­smas kecamatan Lengkong dan kelurahan Burangrang juga mem­berikan bantuan berupa materi dan PMT ( Pemberian Makanan Tambahan) untuk bayi dan ba­lita di setiap bulannya.

“Kami juga suka menerima bimbingan dalam masalah kon­sultasi dan pemeriksaan kese­hatan. Senengnya lagi, warga yang melakukan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan tidak dipungut biaya. Karena kegiatan posyandu ini didanai dari ban­tuan PKK kelurahan dan swadaya masyarakat,”terangnya.

Selain program-program kesehatan, posyandu Nusa Indah ini juga selalu menga­dakan penyuluhan kepada warga tentang pentingnya menjaga kesehatan khususnya kesehatan bayi dan balita.

Hal inilah yang membuat PKK RW 01 dan para kader posyandu Nusa Indah beri­nisiatif melakukan inovasi dengan membentuk program RW siaga.

“Program ini menitik beratkan pada penanganan kelahiran bayi dan gizi buruk pada ba­lita. Mudah mudahan program RW siaga ini bisa segera ter­laksanakan dengan baik. Selain bisa mengurangi resiko kema­tian bayi dan balita, juga ibu hamil terutama dalam proses melahirkan, “ tuturnya.

Ketua Posyandu Nusa Indah, Dedeh menuturkan bahwa program ini bisa membentuk kesiagaan pada warga,karena kesiagaan sangat diperlukan terutama dalam proses melahi­rkan dan juga bisa membuat warga selalu peka terhadap gizi dan kesehatan bayi/balita­nya khusus di wilayah RW 01. ”Dengan membuat program ini mudah-mudahan kita bisa membentuk masyarakat yang selalu siaga menjaga kebersihan rumah dan lingkungan secara rutin,” katanya.

Tinggalkan Balasan