135 Menit Bikin Baper

Novel Critical Eleven karya Ika Natassa yang diangkat ke layar lebar mulai tayang pada Rabu depan (10/5). Tentu para fans novelnya sudah tidak sabar sekaligus harap-harap cemas. Akankah film itu mengaduk-aduk emosi seperti di buku? Well, yang jelas, tokoh Ale dan Anya di­serahkan kepada dua aktor top Indonesia, Reza Rahadian dan Adinia Wirasti.

Critical Eleven, terang Ika, merujuk pada istilah pener­bangan. ’’Tiga menit sebelum take off dan delapan menit sebelum landing merupakan masa kritis di mana kecelaka­an pesawat sering terjadi,’’ jelasnya dalam konferensi pers di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, kemarin (5/5).

Ika menganalogikan 11 me­nit tersebut dengan fase per­temuan seseorang. ’’Kesan utuh kita mengenai seseorang terbentuk saat 3 menit per­tama bertemu dan 8 menit terakhir sebelum berpisah,’’ kata Ika.

Nah, dalam film berdurasi 135 menit arahan Monty Tiwa dan Robert Ronny tersebut, Ale dan Anya bertemu di pe­sawat ketika hendak terbang ke Sydney. Tiga menit per­tama, mereka langsung asyik berbincang. Delapan menit terakhir, mereka menjadi te­man baik. Keduanya lantas menikah dan pindah ke New York, tempat Ale bekerja di sebuah kilang minyak.

Ujian datang saat Ale dip­indahtugaskan ke Jakarta. Anya, yang sudah nyaman di New York, harus rela kem­bali ke tanah air. Situasi mem­buruk sehingga Anya dan Ale sering terlibat pertengkaran karena miskomunikasi atau gengsi masing-masing. Se­lama 135 menit, setiap tahap hubungan asmara Ale dan Anya sukses membuat penon­ton baper.

Adegan mesra dan romantis di awal pernikahan bikin si­apa pun ingin memeluk dan bermesraan dengan pasangan. Pertengkaran Ale dan Anya bikin yang menonton gemas. Lantas, air mata dipaksa keluar ketika Anya memper­juangkan janin yang dikandun­gnya. Reza dan Asti sangat total memerankan pasangan suami istri tersebut.

Apakah sulit membangun chemistry? Reza dan Asti me­nyatakan tidak sulit. Menurut mereka, semua dilakukan secara natural. ’’Kami jujur saja agak mengalami kesulitan kalau menjawab bagaimana (chemistry, Red) bisa muncul,’’ ucap Reza, lantas tertawa. Namun, keduanya memang sudah pernah bermain seba­gai pasangan. Tepatnya di film Jakarta Maghrib (2010) dan Kapan Kawin? (2015).

Tinggalkan Balasan