oleh

Waspadai Modus Korupsi Di Pemerintahan

jabarekspres.com, BANDUNG – Banyaknya modus-modus kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang terjadi di Jawa Barat perlu kewaspadaan semua pihak. Baik dari aparat penegak hukum ataupun elemen masyarakat.

Penyidik Madya Reskrimsus Polda Jabar AKBP Harso Pudjo Hartono mengatakan, sebetulnya pola-pola modus kasus korupsi saat ini sangat banyak. Tetapi, yang perlu diwaspadai mulai dari Perencanaan, Penganggaran, pelaksanaan atau pengadaan

“Jadi mulai dari perencanaan dan pelaksanaan itu ada semuanya. Bahkan tidak menutup kemungkinan ada interfersi dari pejabat-pejabat tertentu untuk menggolkan anggaran dari pusat kedaerah,”jelas surono ketika ditemui dalam acara seminar pemberantasan korupsi dalam bingkai penegakan hukum di Indonesia di Gedung Indonesia Menggugat kemarin (26/4)

Baca Juga:  Jelang Final Piala Carabao, Tottenham Hotspur Harap-harap Cemas Soal Harry Kane

Menurutnya,modus yang biasa terjadi yaitu, Perkiraan Harga Sendiri (HPS) dalam tender, Markup Harga, rekayasa anggaran proyek, proposal bodong yang diajukan untuk permintaan dana Hibah dan Bansos. Bahkan, dalam aturan sering kali dibuat terlebih dahulu untuk memuluskan rencana melakukan tindakan korupsi tersebut.

Harso menegaskan untuk kasus tingkat Korupsi yang sering terjadi biasanya untuk penggunaan Bansos dan Dana Hibah dengan menggunakan proposal Fiktif. Sehingga bantuan tersebut mengalir kepada orang-orang untuk digunakan kepentingan lain yang bukan peruntukannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga