Gurita Bisnis di Persib Kian Meroket Lewat Tangan Dingin Glenn Sugita

Tren memadukan sister com­pany semakin menggurita pada musim 2012/2013. Mu­sim itu ada 20 sponsor resmi Persib Bandung: PT Daya Adira Mustika (DAM), Kopi ABC, Surya Eka Perkasa, Equa­tor, Corsa, Bank BTPN, Oke Shop, Amidis, League, Al Ma­haz, Harum Energi, Permata Resources, Northstar, BFI, Bloom, Nusantara Capital, Buana Capital, Syailendra Capital, Bread Life. Dalam penelusuran kami, 15 di an­taranya adalah sister com­pany dari Persib sendiri.

Dibandingkan dengan tai­pan-taipan lain, Glenn Su­gita yang paling banyak mem­bawa anak perusahaannya masuk sebagai sponsor. Di antaranya Northstar, BFI, Bread Life, Bank BTPN dan Okeshop. Bahkan appareal yang meny­ediakan kebutuhan kostum untuk Persib pun kini dipasok oleh Sportama yang terkait dengan Glenn. Jabatan Glenn sebagai Direktur Utama PT PBB membuatnya gencar mencarikan sponsor bagi Persib, meski itu berasal dari perusahaan yang berkaitan dengan perannya di perusa­haan-perusahaan tersebut.

Mantan Direktur Marketing dan Promosi PT PBB Muham­mad Farhan mengakui pola bisnis yang dilakukan Persib. Sebagai perintis kerja-kerja pemasaran di tubuh Persib dan orang kepercayaan Glenn Sugita, Farhan tahu betul seluk beluk Persib. Bagi Farhan trik pemasaran Persib macam itu sah-sah saja.

Kata dia, akan lebih mudah memang mendatangi peru­sahaan sister company. ”Ka­rena kami tahu betul siapa pemangku teratas kebijakan perusahaannya,” ucapnya seperti dilansir Tirto.

Dalam bisnis, saling mem­bantu anak perusahaan lazim terjadi. Namun, akan jadi soal jika hal itu tidak dila­koni secara profesional. Far­han membantah anggapan ini. Katanya, semua sponsor tetap harus menyepakati apa yang tertuang dalam kontrak.

”Kerjasama dengan sister company tetap dilakukan se­cara terbuka dan semua pro­ses uang yang diberikan ke kami pun diambil dari dana promosi,” katanya lagi.

Trik ini, kata Farhan, sukses memancing sponsor-sponsor lain yang tidak berafiliasi dengan investor untuk masuk ke Persib. Beberapa jenama besar seperti Indofood, Extra Joss, Mogu-mogu, Kopi ABC, Kantor Pos, dan bank bjb tidak terafiliasi dengan konsorsium.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan