Taring Makin Runcing

jabarekspres.com, BANDUNG – Penyerang asal Inggris, Carlton Cole akhirnya resmi bergabung bersama Persib Bandung. Mantan pemain West Ham United itu diperkenalkan oleh manajemen Persib di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, kemarin (30/3).

Persib memang menaruh ekspektasi tinggi dengan kedatangan Carlton Cole, khususnya dalam hal produktivitas gol. Bukan tanpa alasan, Cole memang dikenal sebagai striker komplet dengan kemampuan mencetak gol sama baik dengan setiap anggota tubuhnya.

Jika kita mengenal Cristiano Ronaldo sebagai pemain dengan kekuatan kedua kaki serta kepala sama baiknya, Cole pun tak kalah. Kekuatan utama penyerang berusia 33 tahun ini memang terletak di kaki kanan. Tapi produktivitasnya terbukti mengalir dari dua anggota tubuh lain, kaki kiri dan kepala.

Berdasarkan data yang dirilis Transfermarkt, sepanjang karir profesionalnya di level klub, Cole sudah mengoleksi 82 gol dan 36 assists dari total 392 penampilan.

Ke-82 gol itu dicetaknya pada 78 pertandingan dengan rincian 54 kali meraih keme­nangan, 11 hasil imbang, dan 13 kekalahan. Bahkan, 17 di antaranya merupakan gol yang sekaligus menjadi penentu kemenangan.

Dengan kekuatan utama kaki kanan, wajar Cole lebih banyak mendulang gol dengan anggota tubuh terkuatnya itu. Total 23 gol dari 23 laga di­torehkan dengan kaki kanan. Sementara, postur menjulang hingga 191 sentimeter juga memudahkan pengoleksi 7 caps bersama Timnas Inggris ini untuk memenangi duel bola udara. Buktinya, 20 gol sundulan mampu diciptakan­nya dalam 20 pertandingan.

Bagaimana dengan kaki kiri? Terbukti kekuatan ang­gota tubuh Cole yang satu ini pun tak bisa dipandang se­belah mata. Meski bukan pemain kidal, Cole tetap sang­gup mencetak 18 gol dengan kaki kiri dalam 18 laga yang dijalani. Fakta ini membuat calon lawan harus memutar otak lebih keras untuk men­cari titik lemah Cole.

Belum lagi gol lain yang tak tercatat dalam statistik Trans­fermarkt. Masih ada 18 gol lain yang tak terdata dicetak dengan anggota tubuh mana. Mungkin saja di antara 18 gol itu dilesak­kan dengan bagian dada, atau malah lengan seperti yang pernah dilakukan megabintang Barcelona, Lionel Messi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan