Taring Makin Runcing

Soal posisi bermain, Pelatih Persib Djadjang Nurdjaman, mungkin perlu memeras otak untuk lebih memprioritaskan Cole atau Sergio van Dijk. Malah, bukan mustahil pula pelatih yang akrab disapa Djanur itu memasang duet Cole-Van Dijk sebagai ujung tombak kembar. Dengan du­kungan pemain sayap se­perti Atep dan Febri Hariyadi, pun gelandang sekelas Mi­chael Essien, peluang kedua­nya mendulang banyak gol tentu sangat besar.

Cole sendiri memang me­miliki kemampuan bermain di dua posisi, penyerang tengah atau sayap kanan. Namun, posisi sayap kanan hanya pernah dilakoni dua kali se­panjang karirnya, dan gagal membuahkan gol atau assist. Sementara sebagai penyerang tengah, selain tajam dalam mendulang gol, Cole juga piawai dalam memberi assist. Terbukti, 36 umpan yang di­berikannya mampu dikon­versi menjadi gol.

Soal kondisi fisik, Cole se­jatinya tak punya riwayat ce­dera kambuhan. Selama ka­rirnya, dia hanya dihinggapi beberapa cedera yang tak masuk kategori parah. Paling serius adalah cedera pangkal paha pada 27 Maret 2009, saat Cole absen 52 hari atau 7 laga bersama West Ham. Selain itu, dia pun pernah dua kali mengalami cedera lutut pada akhir 2009 (absen 47 hari) dan Maret 2016 (absen 28 hari).

Berdasarkan riwayat itu, Persib pun sudah menyerta­kan klausul khsusu dalam kontrak mantan penggawa Chelsea, West Ham, United, dan Celtic FC ini. Jika Cole mengalami cedera parah atau performanya jauh di bawah ekspektasi, kontrak kabarnya bisa diputus sepihak.

Direktur Keuangan PT Per­sib Bandung Bermartabat (PBB) Tedy Tjahyono men­gatakan alasan Persib men­datangkan Cole, lantaran sesuai dengan kebutuhan tim berjulukan Maung Bandung saat ini. ”Kita lihat kebutuhan tim. Untuk proses rekrutmen kita selalu kon­sultasi sama pelatih. Termasuk manajer,” ujar Tedy kepada wartawan di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, kemarin.

Menurut Tedy, bergabung­nya Cole melalui proses yang cukup panjang. Serangkaian pertimbangan dari mulai kualitas pemain, kebugaran, dan yang lainnya menjadi bahan pertimbangan sebelum akhirnya memutuskan untuk merekrut Cole.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan