Bikin IMB Kudu Diketahui Satpol PP

bandungekspres.co.id, SOREANG – Sejumlah perijinan yang dimohonkan oleh masyarakat Kecamatan Soreang harus diketahui Badan Perijinan dan Penanaman Modal Daerah (BPMPD) kabupaten Bandung.

Menurut Camat Soreang, Soreang Rusli hal itu karena wilayahnya merupakan Ibu Kota Kabupaten Bandung. Sehingga segala sesuatu yang menyangkut perijinan tidak serta merta  ditandatangani dan kewenangan Kecamatan Soreang.

”Jadi kita telah melakukan komunikasi dengan Rulli Hadiana sebagai Kepala BPMPD Kabupaten Bandung. Dia katakan bahwa IMB atau perijinan lainnya yang diurus di Kabupaten Bandung harus diiringi dengan surat dari BPMPD Kabupaten Bandung. Ingat sebagai Ibu Kota Kabupaten Bandung, pembangunan ke depan banyak yang harus dikaji,” ujarnya pada Bandung Ekspres, kemarin.

Bahkan lanjutnya, komunikasi dengan pihak Bapeda harus dilakukan secara intens. Siapa tahu lokasi yang dimohonkan ijinnya ternyata akan dipergunakan untuk pembuatan jalan baru atau kepentingan lainnya oleh pemerintah Kabupaten Bandung.  ”Dengan begitu kami pun akan selalu melakukan komunikasi dengan Bapeda dan BPMPD Kabupaten Bandung,” terangnya.

Selain itu dia juga menrangkan ada sejumlah lokasi yang IMB-nya diajukan masyarakat, tapi saat dibangun ternyata ada kepentingan Pemkab Bandung untuk pengembangan wilayah. Misalnya membuat jalan lingkar baru seperti di Jalan Gading Tutuka Satu, sementara di lokasi itu, sudah dibangun sebuah rumah oleh pemiliknya.

”Padahal kan jalan itu untuk pembangunan jalan baru lingkar tembusan Jalan Gading Tutuka ke jalan baru di Desa Sadu Kecamatan Soreang. Nah inilah yang harus dikaji ulang sehingga pemiliknya harus menghentikan pembangunnya karena berbenturan dengan kepentingan Pemkab Bandung,” jelasnya.

Dikatakannya, kecamatan Soreang kini tengah berbeda dalam berbagai hal. Termasuk pelayanan dan kantor kecamatan yang baru saja digunakan usai pindahan dari kantor lama ke eks kewedanaan Soreang. Dikatakan Rusli, fasilitas lainnya yang sedang dilakukan oleh pembenahannya yakni jaringan untuk KTP-el, serta sejumlah lokasi lainnya yang ada di kewilayahan itu. Khususnya lokasi kantor, pihaknya kini tengah membanguns ebuah taman agar kantor terlihat indah dan  asri.

Nah pembenahan kantor juga sedang kami lakukan  misalnya membuat taman di depan kantor kecamatan demi kenyamanan dan keindahannya. Bahkan lokasi lainnya juga kini dibenahi secara perlahan dengan tujuan betah di kantor ini,”terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan