Peran Media untuk Pembangunan Daerah

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Bupati Bandung Barat Abubakar mengungkapkan, keberadaan media masa atau pers memiliki peran untuk mendorong pembangunan di daerah, terutama di Kabupaten Bandung Barat. Dengan memberikan informasi kepada masyarakat, segala program pembangunan pemerintah daerah dengan cepat diketahui oleh masyarakat. ”Media masa memberikan peran untuk mendorong pembangunan. Tanpa hadirnya media, program dan keberhasilan pemerintah tidak mungkin akan diketahui oleh masyarakat,” kata Abubakar kepada wartawan di Ngamprah kemarin (10/2).

Menurut Abubakar, tidak hanya memberikan informasi tentang keberhasilan pemerintah daerah, namun kritikan dari masyarakat melalui media masa bagi pemerintah, juga mendorong perbaikan kinerja. Abubakar mencontohkan, banyaknya informasi tentang kerusakan jalan, sekolah rusak dan beberapa hal lainnya yang diinformasikan oleh media, membuat pemerintah lebih tahu temuan di lapangan tersebut. ”Informasi dari media itu lebih cepat dan valid ketimbang informasi dari bawahan saya,” terangnya.

Bahkan, kata Abubakar, baru-baru ini pemberitaan Indri Rosmayanti yang terbujur kaku di tempat tidurnya warga Kampung Sukalaksana, RT 4 RW 2, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, memberikan informasi bagi pemerintah daerah. ”Jika tidak diinformasikan melalui media, mungkin saya tidak tahu. Makanya saya ucapkan terimakaih atas informasi tersebut agar pemerintah jauh lebih baik lagi ke depannya,” ungkapnya.

Bertepatan dengan Ulang Tahun ke-8 Harian Umum Bandung Ekspres dan Hari Pers Nasional (HPN) 2017, Abubakar juga meminta agar media masa terus memberikan masukan serta memberikan informasi yang mampu mencerdaskan bangsa. ”Harapan kami agar keberadaan media terus menginformasikan untuk mencerdaskan bangsa serta memberikan informasi yang sesuai dengan pakta di lapangan. Hindari berita bohong atau hoax yang terus terjadi seperti saat ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt. Wal Kota Cimahi Sudiarto, dirinya pribadi dan pemerintah Kota Cimahi mengucapkan selamat Hari Jadi Harian Bandung Ekpsres. ”Kami ucapkan terima kasih atas pengakuan yang disampaikan HU Bandung Ekspres kepada saya sebagai Plt Wakil Wali Kota Cimahi. Bandung Ekspres khususnya dan seluruh media yang ada memberikan kontribusi bagi pemerintah, termasuk Pemkot Cimahi dalam menyampaikan dan menyoialisasikan program pembangunan,” ujar Sudiarta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan