Hadang Dendam Mantan

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Regulasi pemain untuk kompetisi musim ini kembali berubah. Perubahan itu pun disambut baik oleh asisten pelatih Persib Bandung, Herrie Setyawan. Regulasi tersebut terkait pemain muda di masing-masing klub.

Semula, PSSI akan mencoba menerapkan kewajiban tiga pemain muda U-23 menjadi starter dalam setiap pertandingan. Selain itu, penggantinya juga harus pemain U-23. Sedangkan perubahan yang terbaru, penggantinya bisa pemain di atas 23 tahun. Namun, dengan syarat si pemain yang akan diganti sudah bermain minimal 18 menit di lapangan.

”Kita menyambut baik rencana itu. Karena dari segi kematangan juga masih jauh sama senior. Tapi, dari rencana regulasi-regulasi itu kita tetap pelajari,” sebut Herrie seperti dilansir laman resmi klub.

Lebih lanjut, dia menilai kelonggaran itu akan membuat persaingan lebih kompetitif. Meski begitu, tim pelatih tetap melakukan antisipasi dengan segala kemungkinan yang ada. Maklum saja, semuanya masih sebatas wacana yang terus digodog oleh PSSI.

”Kita sudah buat beberapa skema permainan dengan menurunkan tiga pemain muda. Itu sudah bagus menurut saya bagi pemain muda yang baru naik kelas,” imbuhnya.

Hal senada juga dikatakan manajer Maung Bandung –julukan Persib, Umuh Muchtar. Peraturan baru yang akan diberlakukan untuk pemain U-23 menurutnya tidak akan membebankan timnya untuk memaksa pemain muda tampil secara penuh dalam sebuah pertandingan.

”Saya dukung ada perubahan dan itu bagus. Tadinya wajib diganti pemain muda lagi, sekarang tidak. Kalau pemain itu bagus, tetap bisa dimainkan lebih lama dari waktu minimal 18 menit,” papar Umuh.

Sementara itu, Persib Bandung bergabung di Grup 3 Piala Presiden bersama PSM Makassar, Persiba Balikpapan dan Persela Lamongan. Statusnya sebagai tuan rumah dan pemegang juara bertahan memang masih diunggulkan melenggang maju ke babak selanjutnya 8 besar.

Meski demikian, Persib tak akan mudah menghadapi lawan-lawannya. Kapten Persib Bandung Atep Rizal lantas ulas tiga lawan yang bakal dihadapinya di turnamen yang kini diiukuti 20 tim dengan lima home tournament itu.

Menurut Atep, Persib harus meningkatkan kewaspadaan. Sebab, seluruh kontestan berusaha merebut gelar juara dari tangan Persib. Kewaspadaan mesti ditingkatkan sejak babak penyisihan. Laga pembuka, partai klasik dari zaman era perserikatan bakal dilangsungkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan