Ternyata Gaji PNS Sudah Cair

bandungekspres.co.id,  SOREANG – Menyikapi desakan DPRD Kabupaten Bandung, terkait keterlambatan gaji PNS. Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Bandung H Andi Sopandi menjelaskan pencetakan daftar gaji untuk jabatan fungsional umum (JFU) dan jabatan fungsional tertentu (JFT) sudah dibuat sejak 6 Januari 2017 lalu.

”Sedangkan untuk pejabat struktural, baru bisa dicetak tanggal 16 Januari 2017, setelah pelantikan pejabat beberapa waktu lalu,” ungkap Kabid Perbendaharaan BKD Kabupaten Bandung, H Andi Sopandi pada Bandung Ekspres, kemarin.

Lanjut dia, pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung sudah mulai membayar gaji PNS sejak tanggal 6 januari 2017, terutama untuk pegawai JFU dan jabatan fungsional tertentu (JFT).  ”Daftar gaji juga sudah dibagikan ke masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah, Red), kecuali untuk pejabat struktural yang baru dicetak per 16 Januari 2017,” tambahnya.

Sampai saat ini, lanjut Andi sudah 26 OPD telah dibayarkan gajinya berdasarkan Surat Permohonan Pembayaran (SPP) dan Surat Perintah Membayar (SPM) dari setiap OPD yang masuk ke BKD. Menurutnya, mulai Selasa (17/1) gaji PNS sudah dicairkan.  ”26 OPD sudah mencairkan gajinya pada hari Selasa, 17 Januari 2017. Jika SPP/SPM-nya diajukan oleh OPD masing-masing akan diproses langsung dan tentu saja gaji bisa diambil,” imbuh Andi.

Andi menjelaskan cepat atau tidaknya proses pencairan gaji pada masing-masing OPD tergantung pada kesigapan bendahara masing-masing. Karena kata dia, pihaknya dari BKD sudah melakukan proses pencairan untuk gaji PNS sejak 6 Januari lalu.

”Surat perintah  PNS mengenai penempatan JFU dan JFT dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD), sudah dicetak per 3 Januari. Maka sesungguhnya bendahara bisa dengan cepat memproses gaji pegawai untuk staf setelah Tanggal 6 Januari melalui bendahara masing-masing,” imbuhnya.

Kepastian segera cairnya gaji PNS diungkapkan pula Bupati Bandung Dadang M. Naser, sebelumnya dia telah mengintruksikan pada BKD agar segera mencairkan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) secepatnya. Dia berharap proses pencairan gaji dilakukan sebelum proses pelantikan para pejabat baru. Hal tersebut dikatakan Dadang usai acara pelantikan Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan Pemkab Bandung yang digelar di Balerame Soreang, beberapa hari lalu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan