SK Plt Dinas Sudah Diterbitkan, Awal Februari Ditargetkan Akan Terisi

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Surat Keputusan (SK) untuk 10 Sekretaris Dinas menjadi Plt tugas sudah terbit, kemarin (6/1). Terhitung Senin mendatang (9/1), para Plt tersebut memiliki tugas tambahan sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) setingkat kepala dinas. Sehingga roda pemerintahan tetap bisa berjalan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, 10 jabatan kosong tersebut, di antaranya jabatan Asisten II, Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan, Dinas Peternakan, Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT), Dinas Tenaga Kerja dan sejumlah dinas lainnya.

Sekretaris Daerah Bandung Barat Maman S Sunjaya mengatakan setiap Plt memiliki kewenangan yang berhubungan dengan Personil, Prasarana, Pembiayaan dan Dokumentasi (P3D). ”Termasuk sebagai kuasa pengguna anggaran agar di setiap dinas tetap berjalan seperti yang berhubungan dengan gaji pegawai,” kata Maman ditemui di ruang kerjanya, kemarin (6/1).

Menurut Maman, Plt ini akan bertugas sampai nanti terpilihnya kepala dinas usai baru. Nantinya, para kepala dinas akan mengikuti tahapan open bidding. Rencannya, anitia seleksi (pansel) melibatkan perguruan tinggi, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Provinsi.

”Posisi jabatan eselon IIIA memiliki kesempatan untuk mengikuti open bidding untuk menjadi eselon IIB atau menjabat sebagai kepala dinas,” jelasnya.

Bahkan, pihaknya membuka kesempatan bagi PNS di Jawa Barat untuk mengikuti seleksi ini tersebut. Di antaranya, bagi para kabag, camat memiliki peluang untuk naik ke eselon IIB.

Open bidding, kata Maman, mulai dibuka sejak Senin mendatang (9/1). Tahapannya kurang lebih selama 15 hari ke depan. Ia juga menargetkan, pada awal Februari 2017 nama kepala dinas sudah ada. ”Sehingga pada akhir Februari akan dilakukan pelantikan bagi yang terpilih,” paparnya.

Terkait dengan sarana prasarana bagi dinas yang baru, kata Maman, sudah dipersiapkan dan sudah mulai diisi oleh para pejabat baru tersebut. Penempatan posisi ruangan sudah diatur oleh Asisten III beberapa waktu lalu.

”Untuk ruangan dinas baru tentunya sudah kami siapkan. Jadi mulai Senin itu sudah bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat,” terangnya

Pada 2017 sejumlah pejabat eselon IIB yang akan memasuki masa pensiun. Mulai dari Kepala Dinas Olahraga Tatang yang baru dilantik kemarin akan memasuki pensiun pada bulan Maret. Disusul oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rahmat Safei pada bulan Juni. Terakhir pada Desember 2017 Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sudibyo.

Tinggalkan Balasan