Berwisata dan Bernostalgia di Museum Sepak Bola Jepang

Untuk masuk museum, pengunjung hanya dikenai biaya JPY 500 (sekitar Rp 57 ribu). Uang sebesar itu termasuk biaya untuk mengunjungi Hall of Fame sepak bola Jepang yang terletak di atas kompleks museum. Di ruangan itu dipajang jersey-jersey terbaru yang dikenakan bintang-bintang sepak bola Jepang saat ini. Salah satunya jersey Shinji Okazaki ketika menjalani laga century atau laga ke-100-nya di timnas Jepang tahun lalu.

”Tiap tahun koleksi museum ini selalu kami perbarui,” kata Shusaku Yamashita, direktur Sales Management and Marketing Division Japan Professional Football League.

Yamashita yang ditugasi JFA untuk mengoperasikan museum itu mengungkapkan, museum tersebut dibangun, antara lain, untuk destinasi wisata para penggila bola dari seluruh dunia. Karena itu, JFA tidak segan-segan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk perawatan. ”Dari Indonesia belum banyak yang ke sini. Mungkin nanti setelah Anda pulang ke Indonesia,” kata Yamashita ketika ditanya seberapa banyak turis Indonesia yang berkunjung ke museum. (*/c10/ari/rie)

Tinggalkan Balasan