Netralitas ASN Harus Dijaga

bandungekspres.co.id, CIMAHI– Plt Wali Kota Cimahi, Sudiarto mengatakan Aparat Sipil Negara (ASN) dituntut untuk tetap menjaga netralitas dan tidakterlibat dalam politik praktis saat pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cimahi.

Sebut dia, jika pihaknya menemukan adanya ASN yang berpolitik praktis maka akan dikenakan hukuman disiplin. ”Karenanya, mari kita jaga independen di ASN untuk bersikap netral dalam politik dan profesional dalam tugas,” tegas Sudiarto, saat melantik pejabat struktural di lingkungan Pemkot Cimahi, di Gedung Technopark, Jalan Baros, pada Sabtu (31/12).

Tak hanya itu, kata Sudiarto, menghadapi pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cimahi yang akan digelar pada, 15 Februari 2017 mendatang, peran ASN untuk senantiasa menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban. ”Minimal di lingkungan kerja masing-masing, serta selalu menjalin komunikasi, kebersamaan, kekompakan persatuan dan kesatuan. Hal itu harus saya ingatkan kembali agar selalu tercipta suasana persaudaraan yang utuh dan kuat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dan sebagai seorang aparatur pemerintah,” katanya.

Dikatakan Sudiarto untuk kesinambungan harus diciptakan suasana kerja yang kondusif, efektif, efisien dan produktif agar berbagai permasalahan yang dihadapi saat ini mendapatkan jalan keluar. “Yang pada gilirannya mampu meningkatkan citra pemerintah daerah dimata publik semakin baik,” imbuhnya.

Disamping itu, pejabat harus terus bersikap dan bertindak sebagai panutan, sebagai motivator dan sebagai rekan kerja yang baik bagi bawahan, juga harus mampu menempatkan diri dalam interaksi sosial kemasyarakatan. ”Para ASN bisa tampil menjadi teladan, baik di tempat kerja maupun di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Sudiarto mengajak para ASN di Kota Cimahi untuk meningkatkan kinerja dan mewujudkan aparatur pemerintah yang bersih, senantiasa menjadi pelayan masyarakat yang baik. Sehingga tumbuh kepercayaan masyarakat kepada aparat yang akhir-akhir ini mengalami kemunduran. (bun/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan