oleh

Banyak Ancaman, Wagub Minta Pendeteksian Dini

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat meminta kepada Komunitas Intelejen Daerah (Kominda) Jawa Barat untuk bisa menditeksi lebih awal beragam ancaman. Termasuk radikalisme dan teroris.

Menurutnya, antisipasi ancaman ini sangat penting. Sebab dengan jumlah penduduk Jabar yang besar, peluang ancaman juga bisa dipastikan lebih besar.

”Ancaman yang nyata yaitu banyaknya isu-isu radikalisme, terorisme dan persoalan Tenaga Kerja Asing (TKA),” jelas Deddy di sela-sela pembukaan Forum Kominda di Hotel Preanger, kemarin (28/12).

Dia menilai, penangkapan teroris di Purwakarta, serta sejumlah persoalan tenaga kerja asing kebijakan bebas visa yang juga harus diwaspadai bersama. Khususnya, Kominda di setiap daerah. ”Apalagi saat ini ditambah soal ormas asing,” ucapnya.

Menurut dia, teroris menjadi ancaman yang terbuka kapanpun. Menyikapi hal itu,  intelijen harus solid agar bisa mengantisipasi kejadian-kejadian tidak terduga.

Berkaitan dengan potensi serbuan tenaga kerja asing akibat kebijakan bebas visa, Deddy menilai, bebas visa memang menjadi peluang besar pertumbuhan ekonomi karena dapat menarik banyak wisatawan berkunjung ke Indonesia. Namun, sebaliknya, dampak negatif yang bisa terjadi. Berupa ancaman yang bisa membahayakan Jawa Barat khususnya.

”Ini bisa jadi potensi ancaman. Di Jawa Barat selain teroris kemarin juga ada WNA yang dari Tiongkok bawa cabe berbakteri. Ini perlu diwaspadai. Ini lumbung padi terbesar di Jabar. Kalau hancur karena bakteri yang sengaja dibawa tenaga asing ilegal, ini pasti punya maksud tertentu,”  tuturnya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga