Juang Kartika, Pangdam ‘Nyawer’ Prajurit

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Ada suasana berbeda dilakukan Pangilma Kodam III Siliwangi Mayjen TNI Muhammad Herindra saat Peringatan Hari Juang Kartika 2016 di Lapang Brigif 15 Kujang Siliwangi. Betapa tidak, mantan Danjen Kopassus ini tiba-tiba naik ke atas panggung  dan menyanyikan tiga lagu dihadapan prajurit TNI yang menjadi peserta. Selain melantunkan tiga lagu, dia juga nyawer para prajurit di depannya sambil bergembira bernyanyi. Sontak suasana menjadi cair antara pimpinan dan bawahannya ini.

Saat ditanya kenapa dia melakukan hal itu, Muhammad Herindra mengatakan dalam suasana ulang tahun TNI AD ini, prajurit TNI harus gembira dan kompak sehingga akan terjaga  komunikasi yang baik antara pimpinan dan anggotanya. ”Dengan kekompakan tentunya TNI akan kuat, karena hari ini adalah hari ulang tahun kami. Jadi saya mengajak para prajurit untuk bergembira,” kata Pangilma Kodam III Siliwangi Mayjen TNI Muhammad Herindra, kemarin.

Lanjutnya, citra TNI saat ini sedang naik di mata masyarakat sebagai bagian dari rakyat, TNI harus terus meningkatkan persatuan dan kesatuan bersama rakyat. Karena, sebut dia, dengan manunggal bersama rakyat TNI akan menjadi lebih kuat lagi. “Saat ini citra TNI di mata masyarakat sedang bagus, ini harus dipertahankan agar kemanunggalan dengan rakyat tetap terpelihara,” jelasnya.

Selain itu, katanya, pimpinan TNI berusaha untuk lebih meningkatkan lagi kemampuan para prajuritnya dalam memahami dan menjalankan ketentuan yang ada. Sehingga apabila ada oknum prajurit yang diduga melanggar ketentuan bisa dieliminir. Beberapa kegiatan telah dilaksanakan diantaranya dengan lomba-lomba untuk meningkatkan pemahaman prajurit akan ketentuan yang ada.

Diakuinya, jika ada oknum prajurit yang bertindak diluar norma harus selalu diingatkan, agar tindakan yang dilakukannya bisa sesuai dengan norma yang ada. TNI harus introspeksi  agar rakyat bisa lebih menyatu lagi dengan semua prajurit. “Kepercayaan publik  yang baik terhadap TNI ini akan terus kita jaga untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat,” pungkasnya. (bun/ign)

Tinggalkan Balasan