Manfaatkan Halaman RW untuk Berkebun

bandungekspres.co.id, LENGKONG – Masyarakat RW 10 Kelurahan Turangga, Kecamatan Lengkong menjadikan halaman balai RW sebagai kebun mini. Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemerintah Kota Bandung yakni Kampung Berkebun.

Kebun mini tersebut ditanami tumbuh-tumbuhan obat atau apotik hidup untuk yang bisa dimanfaatkan warga setempat. Pengurus kebun RW 10 Cecep mengatakan, banyak manfaatnya dari adanya program Kampung Berkebun ini. Bahkan ada jenis tumbuhan obat yang sering ditunggu-tunggu masa panennya. Seperti tanaman tuga, kumis kucing dan lainnya untuk di manfaatkan warga menjadi obat herbal.

”Selain tumbuhan obat, ada juga tanaman buah dan sayur yang ditanam di lokasi ini,” kata Cecep kepada Bandung Ekspres saat ditemui di lokasi kebun RW 10 kemarin (24/11).

Cecep mengungkapkan, warga setempat khususnya ibu-ibu PKK sering memanfaat kan tanaman tersebut untuk keperluan rumah tangga.  ”Dengan adanya kebun ini, hubungan silaturahmi masyarakat juga semakin terjaga. Apalagi di saat panen masyarakat bisa berkumpul di sini,” jelas Cecep.

Lebih lanjut Cecep menegaskan, beberapa waktu lalu pihaknya mendapatkan bantuan dari Dinas Pertanian, yakni pemberian jenis tanaman untuk ditanam di kebun tersebut. Sehingga jenis tanaman menjadi bertambah banyak dan tentu saja warga akan lebih bisa merasakan manfaatnya apabila musim panen.

”Saya harap program kampung berkebun ini bisa terus berjalan. Sehingga selain bermanfaat dengan hasil panen masyarakat juga akan bisa merasakan manfaat lainnya,” pungkasnya.  (dn/fik)

Tinggalkan Balasan