Tiga Kali Longsor, Empat Tewas

bandungekspres.co.id, LEMBANG – Longsor di Jalan Raya Kolonel Masturi, Kampung Karamat RT 07/RW 06, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Bandung Barat menelan korban jiwa. Longsor yang terjadi di Alam Sejuk depan Vila Ganesha dan Samping Villa Pleasant Hill itu mengubur empat warga setempat dalam satu mobil.

Diberitakan sebelumnya, longsoran dengan material tanah ketinggian tebing 70 meter, lebar 15 meter serta retakan tanah mencapai 50 meter terjadi pada Minggu (13/11) sekitar pukul 16.30. Material longsor sempat menutup akses Parongpong menuju Lembang terputus begitu juga sebaliknya.

Namun, ketika petugas mulai membersihkan material tanah, barulah diketahui. Empat orang korban tewas dalam satu mobil ditemukan, Selasa (15/11) pagi sekitar pukul 07.00.

Korban adalah Ujang Tarsa, 60, Rohendi, 32, Firman, 32, dan Utep, 38. Keempatnya merupakan warga Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat dan masih memiliki hubungan kekerabatan.

Kapolres Cimahi AKBP Ade Ary Syam Indradi mengungkapkan, longsor yang terjadi di Jalan Kolonel Masturi tersebut terjadi tiga kali. Longsor pertama, terjadi pada Minggu (13/11) sekitar pukul 16.30. Longsoran kedua pada pukul 20.30. ”Terakhir pada Senin (14/11) sekitar pukul 03.00,” kata Ade kepada wartawan di Lembang, kemarin (15/11).

Ade menjelaskan, pada longsoran pertama jalan masih berfungsi sebagian. Polisi menjaga dan mengamankan lalu lintas lalu di lokasi. Pada longsoran kedua dan ketiga material longsoran menutup jalan, sehingga diadakan penutupan jalan.

”Sesuai pengamatan situasi pada Senin, di tebing ada pergerakan tanah dan terjadi retakan sehingga diputuskan tidak ada tindakan selama dua hari karena berbahaya,” terangnya.

”Kami belum mengetahui, kapan kepastian korban tertimbun tanah longsoran,” sambungnya.

Kapolres mengatakan, pada Selasa (15/11) pagi, diadakan penyisiran di dasar jurang dan ditemukan mobil yang tertimpa material longsoran. Selanjutnya, diadakan evakuasi dan ditemukan empat korban meninggal laki-laki dewasa. Para korban ditemukan dalam mobil bernopol F 777 WW.

”Mereka diduga baru pulang memancing dari Subang, lalu tertimpa longsor saat pulang menuju Cisarua,” kata Camat Lembang Slamet Nugraha.

Diungkapkan Slamet, jasad para korban baru berhasil dievakuasi petugas sekitar pukul 14.00. Setelah dievakuasi, jasad keempatnya langsung dibawa ke rumah duka di Jambudipa. Seperti diketahui, akses menuju Lembang saat ini terputus total akibat longsoran tanah tersebut. Pengendara dari arah Kecamatan Parongpong menuju Lembang terputus, begitu juga sebaliknya. Pihak kepolisian serta petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus bersiaga di lokasi dengan memasang tenda.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan