DPD RI Dukung Perluasan Cimahi

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Dra. Eni Sumarni mendukung penuh perluasan Kota Cimahi agar bisa segera direalisasikan. Sebab, kata dia, perluasan itu perlu dilakukan sesegera mungkin untuk mengantisipasi tantangan sebuah kota menuju metropolitan.

Menurut legislator yang kerap disapa Bunda itu, Kota Cimahi telah mengajukan kepada pemerintah provinsi dan pusat secara prosedural untuk perluasan wilayah. Namun hingga detik ini belum ada respon dari Kabupaten Bandung, untuk penambahan tersebut.

“Yang saya tahu, Kota Cimahi sudah meminta secara prosedural sudah mengirim surat tetapi  sampai detik ini belum ada respon wilayah mana yng akan diberikan,” jelasnya usai menjadi narasumber Seminar Kebangsaan, di Hotel Endah Parahyangan, kemarin (14/11).

Agar hal itu terwijud, mekanismenya harus ditempuh yakni dengan adanya persetujuan dari DPRD dan Bupati Kabupaten Bandung. “Peluang untuk pemekaran tersebut harusnya ada, apabila pemikirannya untuk kepentingan bangsa dan rakyat bukan untuk kepentingan satu golongan atau kelompok, tetapi hanya untuk kesejahteraaan masyarkat,” paparnya.

Dikatakan dia, harus ada kesepakatan antara Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung untuk mengadakan pengkajian studi kelayakan apabila ditambah kecamatan atau tidak ditambah.

“Sebagai anggota DPD, saya menampung semua aspirasi yang berkaitan dengan kepentingan dan permasalahan daerah untuk disampaikan dan dikomunikasikaan dengan pemerintah daerah. Dan untuk hal ini, Kementerian Dalam Negeri sudah tahu dan paham, tinggal bagaimana cara eksekusinya, karena tetap harus mengacu kepada Undang-undang,” jelasnya.

Undang-undang mengatakan setelah mendapatkan persetujuan dari kedua kepala daerah baru ketingkat provinsi dan pusat. “Saya, sebagai anggota DPD terus mengapresiasi dan mem-follow up di sidang paripurna untuk dilanjutkan kepada Kementrian Dalam Negeri sebagai mitra kerja kami,” katanya.

Dia berharap ada keikhlasan dari Kabupaten Bandung untuk memberikan sebagian wilayahnya kepada Kota Cimahi. Bila untuk pengembangan saudara kita menuju yang lebih baik mungkin tidak ada salahnya, ke Indonesiaannya ini yang harus kita jaga sehingga tidak ada keegoan seseorang,” pungkasnya. (bun)

Tinggalkan Balasan