Menyusuri Park Ridge, Kota Kecil Tempat Hillary Clinton Dibesarkan

Lebih dari setengah abad silam, Park Ridge, kota kecil di pinggiran Chicago, pernah ditinggali Hillary Clinton. Warga di sana antusias menyambut kemungkinan lahirnya sejarah baru: presiden perempuan pertama Amerika Serikat.

GABY berlari-lari kecil bersama anjing putih kesayangannya di Hodges Park Minggu pagi lalu (30/10). Taman kecil di Park Ridge, kawasan suburb Chicago, Illinois, itu memang nyaman untuk bersantai di akhir pekan Di seberang Gaby, seorang ibu muda tengah mendorong bocah kecil di stroller.

Ya, aku berharap Hillary bisa menuju Gedung Putih. Namun, aku juga ingin dia lebih peduli dengan kota tempatnya dibesarkan,” kata perempuan 27 tahun itu saat ditanya Jawa Pos tentang pencapresan nomine Partai Demokrat tersebut.

Hillary Clinton, yang bernama asli Hillary Rodham, lahir di Chicago pada 26 Oktober 1947. Dia lalu pindah ke Park Ridge saat masih balita. Tepatnya pada 1951. Hill -begitu dia dipanggil semasa kanak-kanak dan remaja- tumbuh di kota praja yang berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Chicago tersebut. Dia tinggal di sebuah rumah besar di kawasan menengah ke atas di 235 Wisner.

Rumah dua lantai itu berdesain simpel. Tersusun dari bricks yang warnanya sudah memudar menjadi kecokelatan. Atapnya berbentuk limas dengan cerobong asap mungil. Jendela-jendelanya memanjang ke langit-langit. Ujungnya melengkung dan berteralis putih. Mirip rumah-rumah dalam cerita-cerita awal abad ke-18. American classic.

Tidak ada pagar yang memisahkan bangunan dengan jalan. Hanya halaman berumput yang dipangkas sangat rapi plus jalur semen selebar semeter untuk sepeda dan pejalan kaki. Pepohonan yang daunnya beraneka warna pada musim gugur berjajar rapi di sepanjang tepi jalan.

Hanya lima menit berjalan kaki dari rumah tersebut, kita bisa melihat Eugene Field Elementary School. Itulah SD tempat Hillary kecil bersekolah. Kemudian, dia melanjutkan pendidikan ke Emerson Junior High, yang bangunannya kini sudah tidak ada. Masa awal SMA dihabiskan Hillary di Maine East High School. Lalu, dia pindah ke Maine South High School hingga lulus pada 1965.

Ibu satu putri itu melanjutkan pendidikan di Wellesley College, Massachusetts, kemudian di Yale Law School. Di kampus tersebut, dia bertemu jodohnya, Bill Clinton. Hillary membangun karir politiknya di Arkansas, New York, dan Washington. Tak sekali pun dia kembali ke Park Ridge. Jangankan tinggal di sana, berkunjung pun jarang.

Tinggalkan Balasan