19 Kejadian Bencana selama Oktober

bandungekspres.co.id, LEMBANG – Sepanjang Oktober 2016, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat mencatat ada 19 kejadian bencana pada 9-10 Oktober 2016. Di antaranya 17 kejadian merupakan kejadian bencana tanah longsor dan dua kejadian lainya merupakan bencana luapan air.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Barat, Wawan Hermawan menyebutkan, bencana itu tersebar di sejumlah titik seperti dua titik di Lembang, tiga titik di Padalarang, tiga titik di Cipatat dan sisanya di Saguling. ”Walaupun memang tidak ada korban jiwa, tapi kerugian yang ditanggung oleh masyarakat mencapai ratusan juta. Kejadiannya memang secara sporadis dalam dua hari. Paling banyak terjadi dan terparah di Kecamatan Saguling,” kata Wawan kepada wartawan di Lembang kemarin (19/10).

Diungkapkan Wawan, untuk status tanah di lokasi longsor yang paling parah yakni di Kampung Cikarang RT 2 RW 7 Desa Saguling Kecamatan Saguling, pihaknya masih menunggu hasil kajian dari Badan Geologi Bandung. Relokasi akan dilakukan jika hasil kajian menetapkan bahwa lokasi tersebut tidak layak dijadikan tempat pemukiman bagi warga.

”Mereka sudah ke lokasi dan mengambil sampel tanah. Tapi untuk hasilnya, kami juga masih menunggu, apakah lokasi tanah itu bisa tetap dijadikan tempat tinggal atau sebaliknya dan harus direlokasi,” ungkapnya.

Bantuan yang sudah diberikan berasal dari anggaran dana tak terduga (DTT) sebesar Rp 210 juta kepada warga di Saguling. Dana sebesar itu untuk menyewa dua alat berat dan sewa peralatan umum lainya. Sedangkan untuk batuan logistik lainnya menggunakan dana sosial yang berasal dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Seperti untuk bantuan logistik dari Dinsosnakertrans, bantuan obat-obatan dari Dinkes dan rakor dari Bagian Kesra Setda KBB. ”DTT dikeluarkan lantaran memang status juga tanggap darurat dan banyak kerugian para korban,” terangnya.

Seperti diketahui, hujan yang terus mengguyur Kabupaten Bandung Barat mengakibatkan bencana longsor dimana-mana seperti di Kecamatan Saguling. Pertama bencana longsor terjadi di Kampung Cijambe RT 01 RW 10 Desa Cikande Kecamatan Saguling. Bencana longsor terjadi pada hari Senin (10/10) malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan