Kolaborasi Seni Buhun dan Modern

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Buah Batu Corps (BBC) Kota Cimahi menggelar acara yang sangat berbeda di hari jadinya tahun ini. Ormas yang satu ini menggelar seni tradisi sunda buhun dan kolaborasi dengan musik modern di 19 Kota/Kabupaten di Provinsi Jabar dan Banten , Sabtu (15/10).

Ketua BBC Kota Cimahi, Jhony Sibarani mengatakan, selain memperingati hari jadinya, acara ini pun sekaligus untuk memperingati hari sumpah pemuda.”Dalam acara ini juga kita ingin mereka tidak meninggalkan seni trdisional sunda terutama sunda buhun yang sudah hampir hilang,” jelasnya.

Tak hanya itu, even ini juga bertujuan agar seni  tradisi sunda buhun yang menjadi kebanggan seni legenda Jawa Barat ini dapat dikenal dan dijaga keberadaannya. Dalam acara ini, BBC merupakan satu-satunya organisaasi yang bisa mengkolaborasikan antara seni budaya tradisional sunda buhun dan seni modern sehingga diberikan penghargaan dari Original Rekor Indonesia (ORI).

Sedangkan  Wali Kota Cimahi Atty Suharti mengatakan, Keberadaan Ormas di Cimahi selama ini dalam keadaan kondusif. Atty pun mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Ormas BBC karena dinilai bisa  menginspirasi budaya sunda.”Saya apresiasi sekali apalagi saat ini terasa budaya tradisional sudah mulai luntur bagi anak-anak remaja.Acara seperti ini merupakan upaya dari ormas BBC dalam melestarikan budaya dan salah satu upaya untuk membuat para remaja agar mencintai budayanya sendiri,” katanya, saat menghadiri kegiatan BBC Kota Cimahi.

Pemerintah sendiri melalui Kesbang mengajak Ormas, LSM dan organisasi-organisasi lain untuk bersama-sama membangun Kota dimulai dengan membangun karakter. ”Kami mengajak ormas, LSM dan organisasi-organisasi lain untuk membuat Cimahi terbebas dari hal-hal yang buruk seperti narkoba, oplosan, tidak ada minuman keras juga hiburan-hiburan yang dapat meresahkan. Untuk pelanggaran- pelanggaran hal tersebut saya rasa itu sudah berkaitan dengan hukum,” pungkasnya. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan