Festival Cimanuk Promosi Wisata Indramayu

bandungekspres.co.id, INDRAMAYU – Rangkaian kegitan Festival Cimanuk 2016 telah berlangsung sukses dan menyita perhatian banyak pihak. Karnaval Dermayu Art Festival yang meriah, dan Karnaval Eksotika 1.000 Gadis Ngarot plus Gerebak Mangga Gedong Gincu benar-benar memukau. Bayangkan saja, sepanjang acara warga Indramayu tumplek blek memadati jalan-jalan yang menjadi rute karnaval. Mereka pun menikmati kegembiraan di Hari Jadi ke-489 Kabupaten Indramayu.

Kemeriahan juga terjadi di alun-alun Indramayu dengan digelarnya Karnaval Inbox di Alun-alun Indramayu. Acara hiburan musik di salah satu stasiun TV swasta ini benar-benar mampu menjadi magnet, dan menyedot puluhan ribu warga untuk datang langsung ke lokasi. Karnaval Inbox juga menjadi media promosi bagi Kabupaten Indramayu, agar lebih dikenal di daerah lain. Karena dalam acara tersebut juga ditampilkan kesenian maupun budaya khas Indramayu.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar), Dr H Odang Kusmayadi MM mengatakan, melalui Festival Cimanuk diharapkan mampu mengangkat pariwisata Indramayu. Dikatakan, selain objek wisata alam seperti Pantai Tirtamaya, Pantai Balongan Indah, maupun Kawasan Mangrove Karangsong dan yang lainnya, Indramayu juga memiliki potensi wisata seni dan budaya serta kuliner.

Dikatakan Odang, Indramayu kaya akan seni dan budaya yang cukup unik dan menarik. Pesta adat Ngarot merupakan salah satu yang menarik perhatian dunia. Dalam Ngarot ada ikon Gadis Ngarot yang sangat menarik perhatian, karena dikepala mereka dihiasi bunga warna warni. Disamping itu, juga masih banyak kesenian tradisional lainnya yang tak kalah menarik. Mulai dari tari topeng, berokan, sintren, singa depok (manuk-manukan), dan masih banyak lagi yang lainnya.

“Mudah-mudahan melalui Festival Cimanuk ini, Indramayu akan semakin dikenal di seluruh Indonesia bahkan dunia. Sehingga mereka diharapkan akan terkesan dan datang ke Indramayu untuk melihat langsung seni dan budaya kita,” ujar Odang.

Kabag Humas dan Protokol Setda Indramayu, Drs Wawan Idris menambahkan, Festival Cimanuk 2016 ini merupakan yang kedua kalinya  digelar. Dikatakan Festival Cimanuk tahun ini jauh lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya, karena acaranya lebih banyak dan beragam. Wawan juga berharap acara ini akan terus digelar rutin setiap tahun, untuk menarik minat warga daerah lain agar datang ke Indramayu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan