Aher Mulai Deg-degan

Sementara itu, usai menggelar doa bersama, Stadion GBLA langsung digunakan simulasi agar opening ceremony pada 17 September 2016 berjalan dengan lancar. Dinas Perhubungan Jabar bersama Dit Lantas Polda Jabar langsung malakukan simulasi pergerakan bidang transportasi dan lahan parkir di sekitar lokasi pembukaan PON Jabar.

”Ada ratusan kendaraan yang memadati lahan parkir disini. ‎Jadi sekaligus kita lakukan simulasi parkir sejauh mana persiapannya untuk menampung kendaraan para tamu undangan VIP, VVIP, dan ratusan bus yang digunakan oleh para atlet PON,” papar Ketua Bidang Pertandingan PB PON XIX/2016 Jawa Barat Yudha M Saputra.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat Dedi Taufik menyampaikan stadion GBLA dapat menampung sekitar 2.000 kendaraan untuk seluruh tamu undangan VIP dan VVIP yang hadir, ditambah189 bus rombongan atlet dan official.

”Nanti VVIP dan VIP masuk ke stadion dua jam sebelum acara dimulai dan untuk atlet tiga jam sebelumnya sudah tiba di sini,” jelasnya.

Simulasi yang dilakukan adalah pergerakan bidang transportasi untuk mengetahui lama waktu selama di perjalanan‎ menuju Stadion GBLA. Simulasi kemarin dilakukan dari titik keberangkatan Trans Hotel Bandung sebagai tempat menginap tamu undangan VIP, VVIP, dan para kontingen atlet.

Menurut dia, sebanyak 10 bus atlet PON dan lima unit mobil VIP berjalan beriringan dari lokasi keberangkatan di Gatot Subroto tepatnya di Trans Hotel Bandung ke arah stadion. Hasilnya dalam perjalanan tersebut menghabiskan waktu selama 20 menit.

Pergerakan kendaraan pada saat PON nanti akan meningkat, di beberapa daerah yang terdapat lokasi venue pertandingan cabang olahraga (cabor). Selain melihat pergerakan kendaraan, dalam simulasi pergerakan bidang transportasi ini untuk menguji coba jalur exit tol KM151 dan 149‎.

”Jalur itu nanti dipakai oleh rombongan Presiden RI, gubernur, wali kota dan bupati se-Jawa Barat, termasuk rombongan bus atlet. Selain itu dilarang pakai jalur tol itu,” lanjutnya.

Selain itu, pihaknya kini sedang mempersiapkan bus untuk mulai menjemput para kontingen atlet dan ofisial yang datang ke Bandung Raya melalui Bandara Husein Sastranegara, Stasiun Kereta Api Bandung, dan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Kedatangan para Atlet rencananya akan datang pada hari ini (10/9).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan