Berharap Cuaca Bersahabat, Waduk Saguling Butuh Tambahan Debit Air

Dari titik penyambutan itu, kata Christiadi anggota kontingen diangkut ke penginapan sesuai dengan lokasi pertandingan cabang olahraga masing-masing yangh tersebar di 16 kabupaten/kota di Jabar.

”Penjemputan sekaligus mengantarkan atlet ke penginapan masing-masing. Pengangkutan dilakukan per kontingen,” katanya.

Dengan demikian, kata dia pihaknya sudah menyiapkan bus dan minibus untuk melayani pendistribusian atlet dan official.   Dia menyebutkan, kontingen besar pertama sudah konfirm kedatangan adalah kontingen Bengkulu.

Hanya saja, tidak disebutkan jumlah kendaraan bus maupun minibus yang disiapkan oleh PB PON XIX/2016 Jabar. Menurut dia, jumlah bus saja lebih dari 200 unit yang disewa dengan spesifikasi keluaran tahun 2011 sehingga masih prima.

Selain itu untuk pelayanan angkutan, menurut dia diupayakan selalu tersedia sehingga kontingan tidak lama menunggu. Menurut dia, skenario penjemputan dan layanan transportasi sudah disusun. Termasuk beberapa alternatif menghadapi berbagai kemungkinan di lapangan. ”Transportasi ini menentukan dalam pelayanan dan juga jaminan kenyamanan bagi atlet,” ungkapnya.

Terkait transportasi kontingen, kata dia, pendistribusian atlet paling jauh adalah venue terjun payung dan pacuan kuda di Kabupaten Pangandaran yang jaraknya mencapai 200-an kilometer. Selain itu juga cabang tinju di Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi.

Selain armada bus, PB PON juga memfasilitasi tiga unit kendaraan minibus untuk setiap kontingen, salah satunya kendaraan untuk VIP kontingen.

Berdasarkan data dari Bidang Pertandingan PB PON XIX/2016 Jabar, atlet yang akan berpartisipasi sebanyak 9.229 orang  terdiri dari 5.627 atlet putra dan 3.602 atlet putri serta 4.071 orang official.

Sementara itu, panitia sub PON XIX Kabupaten Bandung akan menggelar Festival Budaya dan Pameran Produk UKM (Usaha Kecil Menengah) di seputar Gedong Budaya Sabilulungan (GBS) Soreang pada (14-18/9) mendatang.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyambut Kirab Api PON XIX dan Peparnas XV yang telah dimulai sejak 5 September lalu dari Kabupaten Indramayu.

Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah kabupaten Bandung Achmad Kosasih menyebutkan rombongan Kirab Api PON XIX akan tiba di wilayah Kabupaten Bandung pada 15 September pukul 17.00 setelah diarak  di Kota Cimahi.

”Rute yang akan dilalui oleh kirab api PON yaitu Kecamatan Margaasih, Kutawaringin dan Kecamatan Soreang dengan menggunakan kendaraan konvoi. Sebelum tiba di GBS, Api PON akan dibawa berlari mulai dari halaman parkir Stadion Si Jalak Harupat menuju GBS untuk diinapkan satu malam,” kata Achmad Kosasih.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan