Animasi Pasoa Buatan SMK RUS ’Curi’ Perhatian dalam Popcon Asia 2016

bandungekspres.co.id, JAKARTA – Ribuan anak muda mengunjungi Popcon Asia 2016, sebuah ajang festival kreatif Asia yang digelar di Jakarta Convention Centre (JCC). Event ini untuk mengetahui perkembangan kreativitas animasi dan komik di Asia. Kehadiran animasi ’Pasoa dan Sang Pemberani’ karya RUS Animation Studio berhasil ’mencuri’ perhatian pengunjung ajang Popcon Asia 2016 selama tiga hari pada Jum’at-Minggu  (12-14 Agustus 2016).

Popcon Asia 2016 bekerjasama dengan Djarum Foundation juga menghadirkan talkshow bersama animator kelas dunia, Kevin Jackson yang mengerjakan sejumlah film animasi terkenal seperti Hotel Transylvania dan Alvin and The Chipmunks.

Bagi RUS Animation Studio yang terdiri dari siswa-siswa SMK RUS (Raden Umar Said) Kudus binaan Djarum Foundation, Popcon Asia 2016 menjadi salah satu sarana untuk memperkenalkan diri kepada komunitas kreatif animasi dan industri anismasi di Indonesia. Tak hanya menyita perhatian pengunjung, melalui sesi Portfolio Review, RUS Animation Studio berhasil menarik perhatian sejumlah perusahaan animasi dan rumah produksi (production house).

RUS Animation Studio dipertumkan dunia industri untuk memberikan paparan mengenai tujuan program sekolah kejuruan dalam menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri animasi.

Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan industri animasi di dalam negeri maupun mancanegara. Tantangan untuk bersaing dengan produk animasi impor harus dijawab dengan pengembangan  kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM) animasi di Indonesia. Hal ini akan menjadi wacana yang diangkat dalam talkshow bertajuk ”Membangun SDM Animasi di Indonesia”  di Main Stage Popcon Asia 2016. Djarum Foundation menjadi salahsatu entitas yang memberikan dukungan dalam pengembangan SDM melalui SMK RUS.

”Proses pembuatan Pasoa Sang Pemberani oleh SMK RUS tentu membutuhkan waktu yang tidak singkat. Djarum Foundation ingin mendorong semangat kreatif anak-anak sekolah kejuruan di daerah, salahsatunya  melalui dukungannya terhadap SMK RUS di Kudus, Jawa Tengah. Di SMK RUS mendapat dukungan berupa Studio Animasi RUS berstandar internasional dan pengembangan tenaga pendidik animator. Bahkan Djarum Foundation bekerjasama dengan Woody Woodman dari Walt Disney Animation Studio memberikan dukungan mentoring untuk siswa-siswa SMK RUS,” ujar Daniel Harjanto. technical advisor SMK RUS.

Tinggalkan Balasan