Momentum Bangkitkan Ekonomi Kecil

bandungekspres.co.id, RANCASARI – Hari Koperasi harus menjadi momentum membangkitkan ekonomi kecil. Hal ini diungkapkan Wakil wali Kota Bandung Oded M. Dania saat menghadiri Peringatan Hari Koperasi ke-69 Tingkat Kota Bandung di Gedung Sentra Bisnis dan Koperasi (SENBIK) belum lama ini.

Menurut Oded, koperasi merupakan unit usaha yang berbeda dengan perbankan. Sebab, memang sejatinya dari segi prinsip kerja sudah sangat berbeda. ”Koperasi itu dibentuk dari anggota untuk anggota. Dan yang membedakan dengan perbankan, realitas yang dapat dilihat dan pernah terjadi adalah pada saat krisis moneter. Koperasi tetap ada dan banyak yang berhasil,  lain halnya dengan dunia perbankan,” kata Oded.

Oded menjelaskan, melalui momentum Hari Koperasi, diharapkan menambah semangat dan motivasi untuk koperasi-koperasi yang sedang membangun. ”Dengan Hari Koperasi, semoga dapat menggelorakan semangat masyarakat ekonomi kecil dan pemerintah untuk tidak berhenti terus melakukan evaluasi, memberikan reward, sebagai bukti pemerintah konsen terhadap penguatan koperasi. Pemerintah akan melakukan inventerisisasi koperasi serta memberikan berbagai macam diklat dan penguatan akses permodalan, sehingga langkah koperasi dalam berkompetisi dengan dunia swasta akan semakin mantap,” tandas Oded.

Terkait masih adanya beberapa koperasi yang namanya ada tetapi tidak aktif, Oded menyatakan, sesuai dengan aturan sebaiknya dengan kesadaran dari anggotanya untuk memperbaiki koperasinya.

”Pemerintah memang mempunyai otoritas bisa membubarkan koperasi yang tidak aktif, tetapi sebaiknya kesadaran dari anggota akan lebih baik. Itulah kuncinya,” imbuh Oded.

Menurut Oded, koperasi-koperasi yang tidak aktif tersebut, mayoritas dikarenakan kurang menanamkan prinsip kebersamaan pada sistem menajemen mereka sehingga aktivitas para anggotanya relatif kurang optimal dalam membangun koperasi tersebut.

”Maka, untuk kembali berkembang, koperasi tersebut harus bekerja keras membangun kembali eksistensi. Salah satunya,  melalui kerja sama dan saling membantu, Insya Allah koperasi akan berjalan lancar,” kata Oded

Di tempat sama, Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandung Eric Mohammad Attahauriq mengungkapkan, pembangunan koperasi tidak lepas dari dasar mengembangkan perekonomian kota. Yakni mempunyai daya saing dalam menunjang terciptanya lapangan kerja dan pelayanan public, serta meningkatkan peran aktif sektor swasta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan