Bangun Trotoar di Cibaligo

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Dinas Perhubungan Kota Cimahi berencana untuk membangun trotoar sebagai sarana penunjang ketertiban lalu lintas di Jalan Cibaligo, Kecamatan Cimahi Selatan. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ison Suhud kepada para wartawan, kemarin (12/8).

”Dengan adanya trotoar, selain bisa digunakan oleh pejalan kaki, bisa juga sebagai pembatas jalan, hal itu juga bisa menjadi salah satu cara agar arus lalu lintas di jalur tersebut lancar,” katanya.

Menurut Ison, untuk penyediaan trotoar, Dishub akan segera menyiapkan sarananya terlebih dahulu. Sedangkan pengerjaannya akan dilakukan melalui koordinasi Dinas Pekerjaan Umum (PU) di sekitar Jalan Cibaligo. Setelah itu barulah dimulai rekayasa lalu lintas satu arah di wilayah industri Cibaligo.

Rekayasa lalu lintas dilakukan karena banyaknya kendaraan dari pabrik yang berpotensi menyebabkan kemacetan di sepanjang kawasan Cibaligo hingga Jalan Industri. ”Untuk mengurai kemacetan di wilayah tersebut rekayasa harus dilakukan karena keberadaan kendaraan besar bisa menjadi pemicu kemacetan. Makanya kita akan pikirkan, agar jalur ini bisa kembali menjadi satu jalur untuk mengurai kemacetan itu,” paparnya.

Ison mengaku, apa yang direncanakan Dishub ini mendapat respon positif dari masyarakat sendiri, meski dirinya mengakui masih ada sebagian yang kontra. Namun menurutnya, hal itu dianggap wajar. ”Pro kontra di masyarakat itu sesuatu hal yang wajar, Namun mereka akan mengerti jika apapun yang dilakukan pemerintah untuk kebaikan bersama. Jadi selama ini rekayasa jalur di kawasan Cibaligo tidak ada masalah,” pungkasnya,

Sebelumnya, Dinas Perhubungan Kota Cimahi sudah melakukan uji coba rekayasa lalu lintas dari Jalan Cibaligo menuju Jalan industri dengan memberlakukan jalur satu arah. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kemacetan yang sering terjadi di Jalan Mahar Matrtanegara. Dishub Kota Cimahi juga memberlakukan jam operasi kendaraan besar yang melewati Jalan tersebut agar mengurangi kemacetan lalu lintas, apalagi di jam sibuk. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan